Yamaha Kembangkan Kawasaki ZX-25R versi Sendiri?

loading...
Yamaha Kembangkan Kawasaki ZX-25R versi Sendiri?
Yamaha tengah menyiapkan motor sport guna memangkas dominasi Kawasaki ZX-25R. Bukan hanya Yamaha, Honda juga disebut menyiapkan motor dengan teknologi yang sama. Foto/ist
TOKYO - Berkat pengenalan ZX-25R yang serbabaru, Kawasaki menjadi raja segmen mesin inline-four kecil. Ini adalah gelar yang mudah untuk diraih mengingat Team Green saat ini adalah satu-satunya pemain di bidang tersebut.

Namun, gelar itu mungkin tidak akan lebih lama lagi disandang Kawasaki. Pabrikan lain bisa segera mengejar mendapatkan mahkota tersebut.

Laman Rideapart menuliskan, semakin banyak rumor yang kian kencang dari Asia menunjukkan Yamaha ada di kelas 250cc, inline-four case dengan YZF-R25M yang tampaknya sedang bekerja. Mereka mengatakan persaingan sehat, setelah semua pengembangannya.

Sungguh naif untuk percaya bahwa Kawasaki akan tetap sendirian di segmen itu terlalu lama. Mempertimbangkan semua potensi yang dihasilkan oleh ZX-25R, ini akan menjadi peluang yang terlewatkan bagi pabrikan lain untuk setidaknya mempertimbangkan membuat inline-four kecil mereka sendiri.

Tidak jelas apa sumber rumor itu, tapi itu menyebar seperti api di semua platform, persis rumor Kawasaki ZX-25R di tahun lalu ketika mereka pertama kali muncul.



Satu-satunya informasi yang tersedia saat ini adalah, jika ini ternyata benar, YZF-R25M akan berorientasi trek seperti YZF-R1M seperti yang disarankan oleh "M". Memasarkan sepeda motor sebagai "track-oriented" akan memberi Yamaha lebih banyak kebebasan ketika saatnya tiba untuk menetapkan titik harga dan mengatur ekspektasi pelanggan.

Sumber yang sama juga menunjukkan Yamaha bukan satu-satunya yang bekerja pada seperempat liter inline-four. Insinyur di Honda tampaknya juga sedang mengerjakan "baby Fireblade", CBR250RR-R.

Jika ini benar, ada beberapa implikasi yang sangat menarik untuk dipertimbangkan. Pengenalan setidaknya sepeda kedua akan memperkuat kebangkitan segmen inline-four 250cc. Itu juga bisa membuka pintu untuk penciptaan seri balap baru, khusus segmen.
(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top