CEO Huawei: 100 MP Terdengar Tinggi, tapi Tidak Sebagus CMOS Outsole

Jum'at, 24 Juli 2020 - 16:30 WIB
loading...
CEO Huawei: 100 MP Terdengar Tinggi, tapi Tidak Sebagus CMOS Outsole
Untuk itu, Yu Chengdong, CEO Huawei, mengklaim solusi CMOS dengan bottom besar dan ukuran single-pixel yang besar tetap yang terbaik dalam dunia fotografi smartphone. Foto/ist
A A A
SHENZHEN - Selama setahun terakhir, perkembangan kamera ponsel pintar meroket dari 48 MP menjadi 108 atau 100 MP. Sayangnya, peningkatan piksel kamera tidak selalu berarti kinerja yang lebih baik.

Saat ini, merek seperti Samsung , Xiaomi, dan pembuat ponsel lainnya sudah memiliki smartphone dengan sensor 100 MP. Namun, perangkat ini masih "berkinerja buruk" terhadap Huawei dalam hal peringkat pencitraan oleh DxOmark.

Untuk itu, Yu Chengdong, CEO Huawei, mengklaim, solusi CMOS dengan bottom besar dan ukuran single-pixel yang besar tetap yang terbaik dalam dunia fotografi smartphone.
CEO Huawei: 100 MP Terdengar Tinggi, tapi Tidak Sebagus CMOS Outsole

Dalam akun Weibo-nya baru-baru ini, Yu Chengdong, mengatakan, analisis produk terbaru dari solusi kamera ponsel menunjukkan bahwa efek foto 100 MP sebenarnya tidak sebagus sensor dengan piksel besar di bagian bawah. Bahkan jika 100 MP menggabungkan beberapa piksel kecil untuk mensintesis piksel besar, masih ada celah.

“Efek pengambilan gambar tidak hanya terkait dengan jumlah piksel. Ini adalah proyek sistematis, termasuk hasil sinergi dari jumlah piksel, ukuran piksel, prosesor asli, algoritma perangkat lunak, dan kemampuan chip. Ini membutuhkan banyak investasi dan akumulasi teknis terus menerus,“ tutur Yu Chengdong.

Bagi Yu Chengdong, kemampuan teknisnya cukup adil. Dia membawa kembali komentar pada komentar sebelumnya di layar 2K. Dengan mengklaim, ketika dia berbicara tentang layar 2K bertahun-tahun lalu, itu menghibur banyak orang. Namun, waktu telah membuktikan bahwa pernyataannya benar.
CEO Huawei: 100 MP Terdengar Tinggi, tapi Tidak Sebagus CMOS Outsole

Pada saat itu, pandangan Yu Chengdong adalah jika tampilan kurang dari 6 inci, tidak akan ada perbedaan yang signifikan antara 2K dan FHD. Yang pertama akan meningkatkan konsumsi daya dan mempengaruhi masa pakai baterai ponsel.

Dia percaya bahwa ini tidak menawarkan pengalaman ramah pengguna. Merek seperti Meizu MX4 Pro, Samsung Galaxy Note4, dan beberapa ponsel Xiaomi menggunakan solusi ini dan buruk efeknya.

Akhirnya, Yu Chengdong menyimpulkan, lebih baik pabrikan menciptakan produk yang ramah pengguna. Dia percaya pada produk yang menawarkan pengalaman pengguna yang mulus.

Baginya, ini lebih baik daripada menumpuk perangkat dengan parameter suara tinggi. Ini mungkin alasan mengapa Huawei belum meluncurkan smartphone dengan sensor 108 MP.

Melihat lima smartphone teratas di peringkat DxOMark, hanya Xiaomi Mi 10 Pro yang menggunakan sensor 108 MP. Bahkan dia menempati urutan keempat. Huawei P40 Pro, Honor 30 Pro + dan Oppo Find X2 Pro berada di peringkat pertama hingga ketiga. Smartphone ini masing-masing menggunakan kamera utama 50 MP, 50 MP, dan 48 MP.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)