Samsung Bikin Exynos Auto V920 untuk Tenagai Sistem Infotainment di Mobil Hyundai

Selasa, 13 Juni 2023 - 18:29 WIB
loading...
Samsung Bikin Exynos Auto V920 untuk Tenagai Sistem Infotainment di Mobil Hyundai
Exynos Auto V920 menandai kolaborasi pertama Samsung dengan Hyundai Motor dalam solusi chip mobil. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Samsung memang punya chip sendiri Exynos . Chip itu bersaing dengan Qualcomm, MediaTek , hingga Kirin buatan Huawei. Tapi, baru kali ini mereka bikin chip Exynos untuk mobil. Namanya, Exynos Auto V920. Penggunanya: Hyundai Motor Company.

Exynos Auto V920 nantinya akan dipakai untuk memperkuat sistem infotainment dalam kendaraan (in-vehicle infotainment / IVI) milik Hyundai yang akan dirilis pada 2025. Ini sekaligus menandai kolaborasi pertama untuk semikonduktor otomotif antara Samsung dengan Hyundai Motor.

”Kolaborasi dengan Hyundai Motor akan semakin memperkuat posisi kami di bidang infotainment otomotif," kata Jae Geol Pyee, Executive Vice President of Sales & Marketing, System LSI Business Samsung Electronics.

Menurut Jae Geol, langkah ini akan berarti besar bagi Samsung karena jadi awal fokus mereka untuk membuat chip otomotif.

Spesifikasi dan Keunggulan Exynos Auto V920
Samsung Bikin Exynos Auto V920 untuk Tenagai Sistem Infotainment di Mobil Hyundai

Exynos Auto V920 adalah prosesor otomotif generasi ketiga Samsung. Ada peningkatan cukup besar pada kinerja CPU, grafis dan pemrosesan neural.

Fokusnya, untuk mentenagai fungsi-fungsi real time untuk informasi pengemudi, pemutaran konten video, bahkan game di mobil.

CPU V920 menggunakan 10 core terbaru Arm. Dioptimalkan untuk mengemudi otonom. Juga, lebih cepat 1,7x dibanding sebelumnya.

Memorinya memakai LPDDR5, cukup kuat dan efisien untuk mengelola hingga enam layar beresolusi tinggi untuk dasbor, infotainment, dan sistem hiburan di kursi belakang. Termasuk juga 12 sensor kamera yang menangkap informasi visual penting.



Soal grafis, chipset itu mendukung antarmuka pengguna grafis (GUI) yang kaya. Jadi, visual mobil pun nanti lebih beragam.

Exynos Auto V920 juga mendukung kecerdasan buatan (AI), punya neural processing unit (NPU) 2,7x lebih cepat. Ada juga safety island sesuai persyaratan Automotive Safety Integrity Level B (ASIL-B) untuk mendeteksi dan mengelola kesalahan secara real-time, menjaga sistemIVItetapaman.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2377 seconds (0.1#10.140)