Alasan Kuat Kenapa TikTok Dilarang di Banyak Negara?

Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:02 WIB
loading...
Alasan Kuat Kenapa TikTok Dilarang di Banyak Negara?
Aplikasi TikTok. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - TikTok menjadi salah satu aplikasi yang banyak menuai kontroversi. Bagaimana tidak, banyak yang melarang aplikasi ini beroperasi di negaranya. di India cukup banyak. BACA JUGA- Diusir AS, India dan Inggris, Siap-Siap Indonesia Jadi Sasaran Empuk TikTok

Pemerintah India ternyata khawatir bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan China untuk mengekstrak data dalam jumlah besar dari penggunanya di India. Hal itu dianggap mengganggu keamanan India. BACA JUGA - Disebut Berbahaya, China Ngaku Karyawan hingga Bos TikTok Orang AS

Selain India, ada Australia, Inggris dan Amerika Serikat (AS) yang merasakan kekhawatiran serupa terkait TikTok.

Di Amerika, TikTok yang dimiliki oleh startup ByteDance yang berbasis di Beijing - telah berulang kali dikritik oleh politisi AS yang menuduh aplikasi video bentuk pendek sebagai ancaman terhadap keamanan nasional karena hubungannya dengan China.

Dikutip dari laman CNN, Jumat (24/7/2020), AS menuduh bahwa perusahaan dapat dipaksa untuk mendukung dan bekerja sama dengan intelijen yang dikendalikan oleh Partai Komunis China.

TikTok telah mengatakan sebelumnya bahwa mereka beroperasi secara terpisah dari ByteDance. Dikatakan bahwa pusat datanya terletak sepenuhnya di luar China, dan tidak ada data yang tunduk pada hukum Tiongkok. Data pengguna AS disimpan di Amerika Serikat, dengan cadangan di Singapura.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)