Renault Akan Luncurkan Mobil LCGC di Indonesia

Sabtu, 23 Juli 2016 - 21:17 WIB
Renault Akan Luncurkan Mobil LCGC di Indonesia
Renault Akan Luncurkan Mobil LCGC di Indonesia
A A A
PARIS - Renault semakin agresif melakukan ekspansi di luar tanah kelahirannya, Eropa. Salah satu yang akan mereka lakukan adalah dengan menghadirkan kendaraan low cost green car (LCGC) di Indonesia, yang selama ini didominasi pabrikan Jepang.

Mobil murah ramah lingkungan yang akan dihadirkan adalah Renault Kwid. Mobil ini sudah diperkenalkan di India pada akhir 2015.

"Di India mobil ini ditujukan bagi para first user yang ingin pindah dari menggunakan motor ke mobil," ujar Communication Director Asia Pacific Region Renault, Susan Tan di Paris, Prancis, Jumat (22/7/2016) malam waktu setempat.

Mobil jenis cross over tersebut merupakan kolaborasi Renault dan Nissan yang masuk dalam Group Renault. Mobil ini memiliki platform yang mirip dengan Redi GO yang dikembangkan Datsun. Aliansi Renault, Nissan dan Datsun diyakini akan menghasilkan mobil-mobil baru dengan harga terjangkau (budget car).

"Kami belum memastikan kapan akan menjual Kwid di Indonesia. Kami perkirakan kuartal empat mendatang," ungkap Susan.

Di India, Kwid mengusung dapur pacu 800 cc 3 silinder bertenaga sekitar 57 dk dan torsi 90 Nm. Menggunakan transmisi manual 5-speed, mobil ini di sana dibanderol hanya Rp63 juta.

Meski nanti diimpor utuh (CBU) dari India, namun Renault Indonesia memperkirakan harganya di Tanah Air sekitar Rp125 juta-Rp150 juta. Mengenai spesifikasi dan fitur yang diusung Kwid versi Indonesia ini Renault belum memberikan bocoran.

Renault Kwid akan dirilis di Indonesia pada September atau Oktober 2016. Jadwal mundur dari agenda sebelumnya di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada awal Agustus mendatang.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8860 seconds (0.1#10.140)