alexametrics

Honda Keluarkan X-ADV 750cc, Yamaha Punya X-Max dan T-Max

loading...
Honda Keluarkan X-ADV 750cc, Yamaha Punya X-Max dan T-Max
Honda Keluarkan X-ADV 750cc, Yamaha Punya X-Max dan T-Max
A+ A-
JAKARTA - Sebelum Honda memastikan akan mengeluarkan Honda X-ADV 750cc 30 Agustus 2016, Yamaha sebagai kompetitor terdekat Honda jauh sebelumnya sudah mempunyai varian skuter matic berbasis mesin besar yakni Yamaha T- Max 550cc dan X-Max 400cc.

Persaingan bisnis ini Di Jepang sendiri sudah dilakukan sejak era 80-an dikenal sebagai 'H-Y War'. Tak hanya di kelas sport 250 cc bahkan hingga kelas motor matic.

Untuk urusan mesin Kapasita mesin Honda Honda X-ADV 750cc memang lebih besar, namun Yamaha T-Max dan X-Max 400 sudah mengaspal lebih dulu.



TMAX merupakan jenis motor besar model skuter yang dikeluarkan oleh Yamaha dengan tipe transmisi matic. Karena merupakan jenis motor gede dengan kapasitas mesin 530 cc,

Harga Yamaha TMAX yang berada di kisaran 100 juta ke atas ini mempunyai tipe mesin forward 4 langkah yang menggunakan teknologi DOHC 4 katup dan juga menggunakan pendingin cairan untuk menjaga mesin tidak cepat aus.

Mesinnya menggunakan 2 buah silinder paralel dengan kapasitas maksimum 530 cc. Motor Yamaha TMAX menggunakan mesin berteknologi Fuel Injection, dengan kapasitas tangki bensin sebanyak 15 liter.

Motor ini juga sudah menggunakan sistem transmisi V-Belt otomatis. Tenaga maksimum yang dihasilkan oleh skuter matic ini sebesar 34,2 KW /6750 rpm dan torsi maksimumnya 52,3 Nm/ 5250 rpm. Kecepatan maksimal/ top speed dari Yamaha TMAX mencapai 187 km/jam.

Sementara itu, Meski disebut sebagai pengganti Majesty, namun X-Max 400 masih mengaplikasi velg berukuran 13 inci yang juga ditemui pada Majesty. Sementara di depannya, X-Max 400 memakai velg 15 inci, lebih besar dari Majesty yang memakai velg 14 inci.

Dengan mesin 395 cc, satu silinder DOHC, X-Max 400 ini dapat menyemburkan daya sebesar 31 tenaga kuda pada 7.500 rpm dengan torsi maksimal 25 lb-ft.

Yamaha X-Max 400 ini memiliki bobot tubuh lebih ringan dengan roda lebih besar dari para pesaingnya. Bobot yang lebih ringan ini karena sasis baru yang diklaim Yamaha sebagai yang paling ringan dan ringkas di kelasnya.

X-Max 400 ini menggunakan roda depan berukuran 15 inci, fairing tinggi, dan dilengkapi kaca depan tinggi.

Fitur lain dari Yamaha X-Max 400 ini juga dilengkapi lampu LED depan dan belakang. Rem cakram depan ganda, tangki bahan bakar berkapasitas 3,7, segitiga teleskopik, dan suspensi belakang dual-spring.

Dengan tiga pilihan warna yaitu Absolute white, Matt Gray dan Midnight Black. Versi ABS juga diharapkan akan hadir akhir tahun ini.

Yamaha Motor menetapkan harga X-Max 400 ini sebesar USD8301 atau setara dengan Rp80,6 juta. Ini jauh lebih murah dari Yamaha Majesty yang dibanderol sebesar USD9827 ataus etara dengan Rp95,5 juta.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak