Bukan Tesla, Mobil Listrik Ini Lebih Dulu Eksis di Negeri Paman Sam

Rabu, 29 April 2020 - 14:05 WIB
loading...
Bukan Tesla, Mobil Listrik Ini Lebih Dulu Eksis di Negeri Paman Sam
Mobil listrik CitiCar yang pernah eksis selama tiga tahun di Amerika Serikat. FOTO/ Ist
A A A
NEW YORK - Jika berbicara mobil listrik, tidak bisa dipungkiri Tesla sudah menjadi top of mind di antara merek-merek lain. Perusahaan milik Elon Musk ini berhasil melebarkan sayap hingga ke seluruh dunia.

Tetapi di negara asalnya, Amerika Serikat, Tesla bukanlah merek pertama yang berhasil merakit mobil listrik dengan sempurna. Jauh sebelum namanya muncul di pasaran, ada merek lain sudah lebih dulu menunjukkan eksistensinya.

Melansir dari Autoevolution, Rabu (29/4/2020), pada 1974, perusahaan bernama Sebring Vanguard berhasil merakit mobil listrik bernama CitiCar di Negeri Paman Sam. Umurnya memang tidak panjang, karena kalah bersaing dengan mobil-mobil gahar seperti Mustang dan Chevrolet.

Saat itu, CitiCar ditawarkan dalam tiga varian dengan baterai yang bisa dipilih. Varian termurah dibekali baterai 36v dengan tenaga 2,5 hp. Varian kedua membawa baterai 48v yang memiliki tenaga 3,5 hp. Sedangkan di kelas teratas, CitiCar itu mampu melaju dengan tenaga 6 hp.

Tiga tahun setelah kelahirannya, tepatnya pada 1977, CitiCar tutup usia setelah diproduksi sebanyak 4.500 unit. Angka yang sangat kecil jika dibandingkan dengan produksi merek lainnya.

Kendati demikian, CitiCar merupakan mobil listrik dengan jumlah produksi terbanyak di dunia, sebelum akhirnya dikalahkan oleh kemunculan Tesla pada 2010. Hingga saat ini sudah banyak muncul merek lain yang memproduksi kendaraan ramah lingkungan serupa.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)