Hasil Riset Klaim Manusia Lebih Dekat dengan Gen Neanderthal

Sabtu, 25 Juli 2020 - 19:03 WIB
loading...
Hasil Riset Klaim Manusia Lebih Dekat dengan Gen Neanderthal
Manusia Purba Neanderthal. FOTO/ Daily
A A A
JAKARTA - Hasil riset mengatakan bahwa nenek moyang manusia adalah sisa-sisa gen manusia purba Neanderthal. Disebut Gen Neanderthal yang bermutasi bisa membuat jutaan orang lebih sensitif terhadap rasa sakit. BACA JUGA - Jangankan Mama Muda, Setan pun Suka Goyang TikTok

Menurut penelitian, jutaan orang memiliki gen langka karena sisa-sisa keturunan Neanderthal masih dapat ditemukan di seluruh dunia.

Manusia yang mewarisi mutasi "pengubah saraf" cenderung mengalami lebih banyak rasa sakit. BACA JUGA - Disebut Berbahaya, China Ngaku Karyawan hingga Bos TikTok Orang AS

Current Biology menerbitkan sebuah hasil penelitian minggu ini mengungkapkan: "Neanderthal memiliki kecenderungan biologis yang sangat dekat dengan manusia"

Genom Neanderthal sedang dipelajari dalam upaya untuk memahami mutasi yang telah berkembang setelah garis keturunan mereka terpisah dari manusia.

Namun, karena hanya ada beberapa genom yang dapat diakses, penelitian ini terbukti menantang.

Svante Pääbo dari Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusi di Leipzig, Jerman dan Hugo Zeberg di Institut Karolinska di Stockholm dan timnya mengklaim variasi DNA Neanderthal yang terlibat dalam mengendalikan impuls saraf mungkin bertanggung jawab untuk membuat nenek moyang kita lebih rentan terhadap rasa sakit.

Pääbo dan timnya menemukan 0,4% dari peserta dalam database biobank Inggris dari setengah juta genom Inggris modern, membawa gen bermutasi karena mereka telah mewarisi versi Neanderthal.

Sebuah penelitian menunjukkan orang dengan gen bermutasi ini merasakan gejala yang lebih menyakitkan daripada rata-rata orang Inggris.

Gen itu menciptakan protein yang bertanggung jawab atas tingkat sinyal menyakitkan yang dikirim ke otak dan sumsum tulang belakang.

"Orang-orang menggambarkannya sebagai kenop volume, yang mengatur penguatan nyeri pada serabut saraf," kata Zeberg.

Menurut penelitian, " Neanderthal dan Denisova bercampur dengan manusia modern, yang menghasilkan banyak varian genetik dari Neanderthal dan Denisova yang hadir pada manusia saat ini." tandasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)