Co-Founder Apple Gugat YouTube Karena Video Penipuan Bitcoin

Minggu, 26 Juli 2020 - 06:02 WIB
loading...
Co-Founder Apple Gugat YouTube Karena Video Penipuan Bitcoin
Ilustrasi mata uang digita bitcoint. FOTO/ ist
A A A
MENLO PARK - Co-founder Apple Steve Wozniak menggugat YouTube karena membiarkan penipu untuk menggunakan nama dan wajahnya dalam giveaway bitcoin palsu.

Menurut gugatan yang diajukan di Pengadilan Tinggi Negara Bagian California, penipu itu telah memposting video di platform yang mengkalim bahwa Wozniak menjadi tuan rumah promosi bitcoin. BACA JUGA - Wanita Transgender Tuntut Ganti Rugi Gegara 'Anunya' Beda dari Aslinya

Para penipu meyakinkan korban jika mereka mengirim bitcoin ke alamat yang sudah ditetapkan, 'Wozniak' akan melipat gandakan jumlah tersebut. BACA JUGA - Jangankan Mama Muda, Setan pun Suka Goyang TikTok

"YouTube menampilkan video penipuan dan promosi yang salah menggunakan gambar dan video Penggugat Steve Wozniak, dan pengusaha teknologi terkenal lainnya, dan telah menipu pengguna YouTube dari jutaan dolar," tulis gugatan tersebut dikutip dari The Verge, Sabtu (25/7/2020).

Gugatan tersebut mencakup tangkapan layar dari iklan video "5.000-BTC" dan hadiah "10.000-BTC" dari Wozniak, yang mencakup gambar pendiri Apple.

Tampaknya ada video yang menggunakan muka para pemimpin teknologi lainnya, termasuk Elon Musk, Bill Gates, dan Robert Kiyosaki.

Penggugat, yang termasuk Wozniak dan 17 orang lainnya, menyatakan bahwa YouTube mengetahui penipuan ini tetapi tetap tidak menghapus videonya.

"Meskipun Penggugat dan banyak pengguna berulang kali meminta agar YouTube mengambil tindakan tepat waktu untuk mengakhiri penipuan bitcoin ini, YouTube berulang kali menunda atau menolak untuk melakukannya," sambung gugatan tersebut.

Giveaway palsu telah lama menjadi fitur dari dunia bitcoin, tetapi mereka mendapatkan lebih banyak perhatian setelah peretasan di Twitter pekan lalu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6399 seconds (0.1#10.140)