alexa snippet

Semua Aset Dijual, Sayonara Suzuki

Semua Aset Dijual, Sayonara Suzuki
Semua Aset Dijual, Sayonara Suzuki/ Mekanika
A+ A-
KUALALUMPUR - Pabrik Suzuki Assemblers di Kompleks Industri Prai Penang hari ini resmi ditutup 100 persen baik dari segi produksi maupun operasi. Pabrik telah dikosongkan dan peralatan yang terkait telah mulai disusun untuk proses lelang.

Jadwal lelang sebenarnya akan berlangsung hari ini Rabu (7/9/2016) dan lelang itu dibuka untuk umum mulai pukul 9 pagi waktu Malaysia. Kini Suzuki Assemblers hanya fokus pada sepeda motor yang diimpor CBU saja.

Dengan ini berakhirnya era instalasi motor Suzuki ini lokal dimulai. Suzuki Malaysia menjelaskan mereka menutup pabrik motor di Malaysia untuk menindaklanjuti permintaan yang terus menurun. Bahkan keputusan menutup  pabrik perakitan Suzuki di Perai, Pulau Pinang itu di ambil akibat tak mampu membayar ongkos produksi bahkan  penurunan hampir separuh di mana hanya 8.000 unit sepeda motor saja di produksikan dibandingkan 2013.

Usai pengumuman itu media-media di Malaysia berspekulasi tentang ditutupnya pabrik motor Suzuki, Bahkan media Automotif Malaysia menulis pasar Malaysia tak suka Suzuki karena merek ini cukup identik dengan mesin yang tahan lama

"Tidak heran jika persentase unit produksi kurang dan pihak Suzuki sendiri tidak melakukan Branding Awereness dan kurang mengeluarkan model yang sesuai arus tren saat ini. Bahkan untuk melihat merek ini di media sosial pun kurang .pihak Suzuki mengabaikan dan apakah itu penyebabnya," tulis media tersebut.

Laporan Nikkei Asia Suzuki telah berjuang untuk meningkatkan penjualan sepeda motor di Asia namun profitabilitas tetap rendah.

Bahkan di Indonesia sendiri berdasarkan data dari PT. Astra International Tbk, Sindonews mencatat penjualan Suzukl motor di Indonesia mengalami penurunan pada Tahun 2016 Suzuki motor  hanya mampu menjual 34.915 unit sementara 2015 lalu Suzuki mampu menjual 109.882 unit sepeda motor.  Walaupun untuk tahun 2016 masih menyisakan 4 bulan lagi, namun berdasarkan tabel PT. Astra International Tbk penjualan perbulanya mengalami penurunan.



(wbs)
loading gif
Top