Selain Kopdar, AXIC Kampanye Wisata dan Smart Driving

Kamis, 08 September 2016 - 11:59 WIB
Selain Kopdar, AXIC Kampanye Wisata dan Smart Driving
Selain Kopdar, AXIC Kampanye Wisata dan Smart Driving
A A A
JAKARTA - Komunitas automotif berkumpul bukan hanya untuk urusan automotif. Berbasis keanggotaan yang solid, komunitas pengguna Avanza Xenia Club Indonesia (AXIC) bisa berkumpul untuk mengampanyekan potensi wisata satu daerah.

Seperti 150 anggota AXIC yang bareng-bareng menyambangi Kota Udang, Cirebon, di akhir Agustus lalu. Bertajuk "Kopdar Gabungan AXIC 2016", ratusan member klub mobil ini menggali potensi wisata CIrebin, dengan mengunjungi beberapa lokasi. Seperti Keraton Kasepuhan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Batik Trusmi, Waterboom Sangkan Aqua Park Kuningan, dan lain-lain.

Saat di Keraton Kesepuhan, rombongan AXIC diterima oleh Sultan Arif Natadiningrat. Usai beramah tamah, rombongan AXIC dilepas Sultan Arief Natadiningrat untuk berwisata budaya ke Batik Trusmi.
Selain Kopdar, AXIC Kampanye Wisata dan Smart Driving
Ivan, Ketua AXIC Cabang Cirebon, menjelaskan kopdar gabungan ini diikuti 19 chapter dan cabang AXIC di Indonesia. Antara lain Chapter Karate, Bostoners, Cleopatra, Metrostar, Halilintars, POC, dan Pakubuwono. Sedangkan cabang yang hadir; Cabang Lampung, Bekasi, Purwasuka, Bandung, Priangan Timur, Yogyakarta, Jepara, Solo, Surabaya, dan lain-lain.

"Cirebon dipilih menjadi lokasi pusat kegiatan. Berada di jalur Pantura antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, Cirebon menawarkan potensi wisata yang lengkap sebagai destinasi wisata budaya dan kuliner. Perkembangan automotif di kota ini pun cukup pesat. Ini ditunjukkan dengan banyaknya toko modifikasi dan aksesoris yang ditunjang bengkel-bengkel resmi termasuk Toyota dan Daihatsu," ujar Ivan, dalam keterangan pers, Selasa (6/9).
axicKopdar Gabungan AXIC 2016 ini meliputi beragam aktivitas berkat dukungan Auto2000 Jatiwangi Majalengka. Mulai dari konvoi di titik kumpul Tol Cipali, kampanye smart driving AXIC, atraksi automotif, wisata budaya dan kuliner, lomba-lomba, dan lain-lain. Kopdar ini untuk merayakan HUT Chapter Metrostar dan Halilintars dari wilayah Jakarta.

Event ini tentu saja dimanfaatkan Ivan untuk mengajak masyarakat Cirebon dan sekitarnya yang mempunyai mobil Avanza dan Xenia, agar bergabung bersama AXIC Cabang Cirebon. "Kopdar gabungan ini juga diharapkan dapat mempererat silaturahim dan kesolidan sesama member AXIC,” ucap dia.

Chairul M Poetra, Ketua Umum AXIC, menambahkan kopdar gabungan ini dijadikan AXIC sebagai ajang silaturahim nasional, yang tersebar di 12 chapter di kawasan Jabodetabek dan 35 cabang di seluruh Indonesia. Ini bisa menjadi temu kangen sambil menunggu Jambore Nasional AXIC yang diadakan dua tahun sekali.
"Saat ini secara nasional, jumlah member AXIC hampir menyentuh 5.000 nomor ID atau orang," ujar Poetra.

Poetra mengungkapkan, AXIC bukan hanya klub mobil, tapi juga sebagai klub keluarga. Sebab sekitar 80 persen anggotanya sudah berkeluarga. Maka itu, setiap kegiatannya, AXIC selalu melibatkan anggota beserta keluarganya.

Selain itu, dalam berkendara, setiap member AXIC juga memegang teguh 5 pilar smart driving. Yakni Antibahu jalan tol, selalu menggunakan sabuk pengaman (sealt belt for all), tidak menggunakan handphone (no texting while driving), tidak menyalakan lampu hazard (hazard just for emergency only), dan tidak menerobos banjir (thing before cross the flood).

“Diharapkan kegiatan seperti kopdar gabungan ini dapat terus berlanjut, sambil memaksimalkan kampanye smart driving AXIC,” pungkasnya.

Pada kegiatan ini, AXIC memberikan santunan kepada keluarga salah seorang pendiri, yang bernama Hokky Widyabasuki. Member dengan nomor ID 0010 itu beberapa hari lalu meninggal dunia karena sakit.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2922 seconds (0.1#10.140)