Inilah 6 Ayat Penyembuh Sakit yang Tercantum dalam Al-Qur'an

Jum'at, 30 Juni 2023 - 15:09 WIB
loading...
Inilah 6 Ayat Penyembuh Sakit yang Tercantum dalam Al-Quran
Ada beberapa ayat yang bisa menjadi doa penyembuh dalam Al-Quran, ayat-ayat tersebut dinamai dengan ayat Syifa (penyembuh). Foto ilustrasi/ist
A A A
Ayat penyembuh atau disebut juga ayat Syifa adalah beberapa ayat tertentu di dalam Al-Qur'an yang dikhususkan untuk menyembuhkan penyakit. Banyak orang yang tahu tentang ayat syifa ini dan mengamalkannya dengan cara tertentu. Mengenai hal ini tidak ada dalilnya dari hadis shahih sama sekali.

Adapun jika ingin dibaca pada saat ruqyah , dibaca karena dirasa sesuai dengan isi kandungan yang Insya Allah tidak apa-apa. Karena isi ayat tersebut tentang penyakit dan pengobatannya.

Di Al-Qur'an sendiri terdapat sedikitnya 6 ayat Syifa atau ayat penyembuh segala penyakit. Hal itu diterangkan Ibnu Haj dalam kitabnya Mad-Khal sebagai berikut: "Tidak apa-apa melakukan pengobatan dengan NASYRAH, yaitu melunturkan tulisan ayat-ayat Al-Qur'an yang dituliskan di atas kertas atau bejana dengan air dan kemudian meminum airnya".

Syeikh Imam Abil Qasim Al-Qusyairi menerangkan bahwa pada suatu waktu anaknya sakit yang mengkhawatirkan, sehingga beliau merasa putus asa. Dalam tidurnya beliau bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW dan beliau bertanya, apakah ada obat bagi penyakit yang diderita oleh anaknya. Rasulullah Saw berkata: "Apakah engkau tidak mengetahui ayat-ayat syifa (ayat-ayat penyembuh)".

Abil Qasim Al-Qusyairi selanjutnya menerangkan: "Tatkala aku bangun dari tidurku, maka ku buka Al-Qur'an dan kuperhatikan. Maka terdapat enam ayat-ayat syifa. Segera kutulis diatas kertas, kemudian kulunturkan dengan air kemudian meminumkan kepada anakku". Tidak berapa lama anaknya yang sakit itu berangsur sembuh dan akhirnya benar-benar sembuh. Keterangan ini dipetik dari kitab Al Mukhtasar Fii Ma'aani Asmaa Illaahil Husna tulisan Ustadz Mahmud Sami.

Bacaan Ayat-ayat Syifa dalam Al-Qur'an Lengkap beserta Latin dan Artinya

Ayat Syifa Ke-1

وَيَنْصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ


Wa yanshurkum 'alayhim wa yasyfi shuduura qawmim-mu'miniin

Artinya: "Dan (Allah ) akan melegakan hati orang-orang yang beriman". (QS. At-Taubah:14)

Ayat Syifa Ke-2

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ


Yaa ayyuhaan-naasu qad jaa atkum maw'izhatum mir-rabbikum wa syifaa-ul-limaa fish-shuduuri wa hudaw wa rahmatul-lil mu'miniin

Artinya: "Hai Manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS. Yunus: 57)

Ayat Syifa Ke-3

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ


Yakhruju mim-buthuunihaa syaraabum-mukhtalifun alwaanuhu fiihi syifaa-ul-linnaas

Artinya: "Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia." (QS. An-Nahl: 69)

Ayat Syifa Ke-4

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Wa nunazzilu minal qur-aani maa huwa syifaa-uw warahmatul-lil mu'miniin

Artinya: "Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS. Al-Israa: 82)

Ayat Syifa Ke-5

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ


Wa idzaa maridhtu fahuwa yasyfiini

Artinya: "Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku" (Doa Nabi Ibrahim). (QS Asy-Syu'ara :80)

Ayat Syifa Ke-6

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ


Qul huwa lilladziina aamanuu hudaw wasyifaa'uw-walladziina laa yu'minuun

Artinya: "Dan katakanlah (wahai Muhammad ) bahwa (Qur'an) itu adalah petunjuk dan menyembuhkan bagi orang-orang yang beriman." (QS. Fushshilat :44)

Itulah mengenai bacaan ayat Syifa atau ayat-ayat penyembuh beserta latin dan artinya.


Wallahu a'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)