alexa snippet

Toyota Hadirkan Robot Kirobo Sebagai Teman Mengemudi

Toyota Hadirkan Robot Kirobo Sebagai Teman Mengemudi
Robot Kirobo besutan Toyota. Foto/Finantial Times
A+ A-
TOKYO - Perkembangan teknologi memang tidak dapat terelakkan, meski fokus untuk membangun kendaraan, Toyota baru-baru ini justru membangun sebuh robot. Diberi nama Kirobo Mini, pabrikan mobil asal Jepang tersebut mendesainnya sebagai teman berkendara.

Robot berukuran 4 - 10 cm ini dapat membaca suasana hati dari pengemudi bahkan memahami pembicaraan dan isyarat dari pengemudi. Dengan membaca susana hati pengemudi, Kirobo dapat memberikan saran terhadap tempat-tempat yang perlu dikunjungi, rute yang di lalui maupun musik yang perlu diputar.

Selain itu, Kirobo juga dapat dihubungkan ke dalam sistem mobil dan beberapa gadget lainnya di rumah, pasalnya robot ini juga dapat belajar dan melacak keberadaan. Robot berukukuran mini ini sebenarnya pernah diperkenalkan Toyota dalam ajang Tokyo Motor Show 2015, hanya saja baru kali ini diluncrukan secara resmi.

"Robot ini sedikit terlatih dan dirancang seperti bayi yang hanya bisa duduk untuk menemani didalam mobil," ujar Desain Chief Engineer Kirobo Mini, Fuminori Kataoka, dikutip dari Reuters, Selasa (4/10/2016).

Perihal ketersediaan, robot ini akan tersedia di seluruh dealer Jepang mulai tahun depan. Sedangkan harga yang ditawarkan adalah USD392 atau sekitar Rp 5 jutaan.



(dol)
loading gif
Top