Singapura Siap Uji Coba Vaksin COVID-19 Pada Manusia Pekan Ini

Senin, 27 Juli 2020 - 13:25 WIB
loading...
Singapura Siap Uji Coba Vaksin COVID-19 Pada Manusia Pekan Ini
Profesor Ooi Eng Eong, Wakil Direktur Program Penyakit Menular Duke-NUS Medical School, mengatakan, Singapura pada pekan ini siap menguji vaksin COVID-19 ke manusia. Foto/The Straits Times
A A A
SINGAPURA - Singapura dikabarkan bersiap melakukan uji coba vaksin COVID-19 kepada manusia, awal pekan ini. Uji coba akan melibatkan 108 sukarelawan sehat dari berbagai usia di Singapura yang akan disuntik dengan vaksin yang dikembangkan oleh Duke-NUS Medical School dan perusahaan farmasi Amerika Serikat, Arcturus Therapeutics. (Baca juga: Pengamat: TikTok Mendunia karena China Larang Facebook dan Instagram )

Disebut Lunar-Cov19, vaksin ini adalah satu dari 25 kandidat vaksin di seluruh dunia yang telah diuji pada manusia, atau telah menerima persetujuan untuk melakukannya. Beberapa dari 141 lainnya masih pada fase pra-klinis.

Profesor Ooi Eng Eong, Wakil Direktur Program Penyakit Menular Duke-NUS Medical School, mengatakan, kepada The Sunday Times, tujuan uji coba ini adalah untuk menentukan keamanan vaksin. Juga untuk mengetahui apakah vaksin dapat memancing respons kekebalan yang diinginkan dalam tubuh terhadap Sars-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19.

Sampel darah akan diambil dari relawan beberapa kali setelah vaksinasi untuk analisis. Ketika elemen sistem kekebalan tubuh seperti antibodi dan sel-T ditemukan dalam darah, data itu akan membantu para ilmuwan menentukan apakah vaksin itu berhasil dalam merangsang tubuh untuk menghasilkan "tentara" yang penting untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Hasil yang baru-baru ini diterbitkan dari percobaan manusia untuk kandidat vaksin lainnya telah menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan di bidang ini. Temuan yang dirilis secara publik Senin lalu berasal dari tahap awal uji klinis untuk vaksin yang dikembangkan oleh Oxford University dan produsen obat multinasional AstraZeneca; CanSino Biologics dan unit penelitian militer China; dan perusahaan biotek Jerman, BioNTech, serta pembuat obat dari AS, Pfizer.

Prof Ooi optimistis hasil dari uji coba Singapura akan menghasilkan hasil yang sama menggembirakan. "Studi pendahuluan pada model hewan telah menunjukkan bahwa vaksin Lunar-Cov19 aman dan tidak memiliki efek samping," katanya, dikutip The Star.

Data ini telah memungkinkan vaksin untuk menerima persetujuan untuk uji klinis sebelum jadwal yang ditargetkan sebelumnya, September 2020. Ini menjadikannya sebagai uji klinis in-human pertama di Singapura.

"Ketika ada berita bahwa kami sedang melakukan vaksin, kami senang bahwa banyak anggota masyarakat mengatakan mereka ingin menjadi sukarelawan untuk itu. Dan saya pikir itu menggembirakan, karena semakin cepat sukarelawan maju, semakin cepat kita bisa menyelesaikan persidangan," kata Prof Ooi.

Uji klinis akan dilakukan di SingHealth Investigational Medicine Unit, yang berlokasi di Singapore General Hospital. Prof Ooi mengutarakan, sukarelawan dari segala usia sangat dibutuhkan.

Jika segalanya berjalan sesuai rencana, hasil dari uji coba -yang dikenal di kalangan medis sebagai uji coba Fase I/II - dapat tersedia sekitar bulan Oktober atau November. Fase selanjutnya dari proses pengembangan klinis melibatkan inokulasi kumpulan jauh lebih besar dari ribuan sukarelawan di Singapura dan luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)