6 Kampus dengan Jurusan Data Science Favorit di Indonesia, Ada Kampusmu?

Kamis, 06 Juli 2023 - 15:01 WIB
loading...
6 Kampus dengan Jurusan Data Science Favorit di Indonesia, Ada Kampusmu?
6 kampus dengan jurusan Data Science favorit di Indonesia. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya enam kampus dengan jurusan Data Science favorit di Indonesia. Tak hanya perguruan tinggi negeri , namun juga banyak di antaranya dari kampus swasta.

Pada statusnya, jurusan kuliah seperti Data Science mungkin tidak sepopuler Kedokteran, Ekonomi, Ilmu Komunikasi, dan lainnya. Meski demikian, lulusan dari jurusan ini diperkirakan akan banyak dibutuhkan seiring perkembangan zaman juga.

Menyikapi kebutuhan yang semakin banyak, sejumlah kampus di Tanah Air juga sudah memiliki program studi Data Science. Berikut beberapa di antaranya.

Kampus dengan Jurusan Data Science Favorit di Indonesia

1. IPB University


IPB University membuka peminatan sains data pada program studi Statistika dan Sains Data. Adapun tujuannya sendiri adalah merespon kebutuhan masyarakat akan pentingnya sains data di berbagai aspek.

Mengutip laman resmi IPB, program studi Statistika dan Sains Data mulai menerima mahasiswa baru di semua strata pada tahun akademik 2020 lalu. Lebih lanjut, jurusan ini berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Filsafat yang Menjanjikan, Masih Prospektif Kok

2. Universitas Airlangga (Unair)


Universitas Airlangga (Unair) menjadi salah satu perguruan tinggi populer di Tanah Air. Dari sekian banyak jurusan yang dimiliki, mereka juga mempunyai program studi Teknologi Sains Data.

Jurusan Teknologi Sains Data Unair berada pada Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTTM). Pada semester satu, nantinya mahasiswa jurusan ini akan dikenalkan dengan statistika dan pemrograman, termasuk Pemrograman R serta Pemrograman Python.

3. BINUS University


Berikutnya ada BINUS University. Kampus swasta populer di Indonesia ini juga menyediakan jurusan Data Science.

Jurusan Data Science BINUS University menjadi bagian dari School of Computer Science. Melalui program studi ini, Binus ingin berkontribusi untuk melahirkan para data scientist dengan pengetahuan mumpuni di bidangnya.

4. Universitas Nusa Mandiri (UNM)

Baca juga: PLN Buka Lowongan Kerja Khusus Lulusan Diaspora, Apa Artinya?

Universitas Nusa Mandiri (UNM) menghadirkan berbagai program studi (prodi) yang mengedepankan Teknologi Informasi (TI) untuk mengikuti tantangan zaman. Dari sekian banyak, salah satunya adalah prodi Sains Data.

Program studi Sains Data UNM hadir untuk menjawab kebutuhan industri terhadap para talenta-talenta kompeten dan mumpuni di bidang Data Science. Prospek kerja yang dimiliki para lulusannya pun cukup terbuka seiring bertambahnya kebutuhan terhadap ahli sains data.

5. Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)


Didorong keinginan UTY dalam partisipasi membangun bangsa, maka dibukalah program studi Data Science di Universitas Teknologi Yogyakarta. Melalui prodi ini, diharapkan nantinya pihak kampus bisa menyiapkan para lulusan untuk berkarier sebagai data analyst hingga data scientist.

Pada visi yang dimiliki, prodI Data Science UTY ingin menjadi program studi terkemuka dalam teknologi bidang Sains Data serta berwawasan global pada tahun 2024 di wilayah Indonesia.

6. Telkom University


Program Studi S1 Sains Data menjadi salah satu unggulan di Telkom University. Adapun fokusnya berada pada Big Data Analytics. Nantinya, para mahasiswa jurusan ini akan dibekali dengan pengetahuan dan kompetensi terkait Sains Data melalui pembelajaran menggunakan use-case terkini di berbagai bidang.

Lulusan S1 Sains Data Telkom University nantinya diharapkan bisa menjadi seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Science Architect, Data Engineer, dan lain sebagainya.

Itulah sejumlah kampus dengan jurusan Data Science favorit di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)