alexa snippet

Mitsubishi Tak Berminat Produksi Mobil LCGC

Mitsubishi Tak Berminat Produksi Mobil LCGC
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia mencatat, penjualan Light Commercial Vehicle FOTO/ Domi
A+ A-
SURABAYA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku  distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia tidak akan ikut-ikutan menggarap pasar mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC). Pasalnya, segmen tersebut bukan backbone dari Mitsubishi.

Sebaliknya, merek asal Jepang itu akan fokus menggarap segmen Sport Utility Vehicle (SUV) dengan beragam variannya. Sejumlah produk yang jadi andalan di segmen passenger car diantaranya, New Mirage, Pajero Sport, Outlander serta Delica. Bahkan, saat ini Mitsubishi tengah berancang-ancang untuk menghadirkan produk small SUV terbarunya, yakni XM Concept. “LCGC itu bukan basis kami. Basis kami adalah SUV seperti Pajero Sport. Nah, segmen pasar ini akan kami kembangkan. Apalagi SUV kan pasarnya di Indonesia mulai tumbuh,” kata Operating General Manager MMC Marketing Division PT KTB, Irwan Kuncoro.

Dia menambahkan, dengan kondisi jalan di Indonesia, mayoritas masyarakat membutuhkan kendaraan yang memiliki ground clearance tinggi. Mobil seperti ini hanya bisa ditemukan di SUV.Apalagi sejumlah kota besar, ketika hujan deras, bisa dipastikan mengalami banjir. Menurut dia, pertumbuhan pasar SUV tidak hanya terjadi di tanah air, disejumlah negara lain segmen ini permintaannya juga terus naik. “Selain kami akan menghadirkan XM Concept, saat ini kami sudah meluncurkan Pajero Sport yang limited edition. Tentu ini untuk menggairahkan pasar otomotif yang situasinya belum membaik,” tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada September total penjualan mobil sebanyak 93.136 unit. Dari total penjualan tersebut, sekitar 91% disumbang oleh lima merek mobil yakni Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi dan Suzuki. Toyota masih mempertahankan posisinya di posisi puncak dengan penjualan sebanyak 36.995 unit, disusul oleh Daihatsu 16.557 unit, Honda 15.791 unit, Mitsubishi 8.975 unit dan Suzuki 6.595 unit. “Dari total penjualan Mitsubishi untuk segmen passenger car, didominasi Pajero Sport,” pungkas Irwan.

Branch Manager PT Srikandi Diamond Indah Motors Panglima Sudirman, diler penjualan mobil Mitsubishi, WM Kuswadi mengatakan,  untuk membeli Pajero, konsumen harus inden terlebih dahulu, antara satu sampai dua bulan. Dari dua tipe Pajero Sport, 80% konsumen memilih seri Dakar. Sisanya Exceed.  Sepanjang tahun 2015, penjualan Pajero Sport tembus 11.200 unit. Dari jumlah itu, Jatim menyumbang penjualan sekitar 12.225 unit atau sekitar 12% dari total pasar domestik. “Saat ini market share kami di segmen SUV mencapai 27%. Hingga akhir tahun kami targetkan bisa mencapai 35%,” terangnya. (



(wbs)
loading gif
Top