alexa snippet

Fasilitas Manufaktur Tingkat Dunia Punya Toyota Ada di Indonesia

Fasilitas Manufaktur Tingkat Dunia Punya Toyota Ada di Indonesia
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki 5 fasilitas manufaktur yang berlokasi di Sunter - Jakarta dan Karawang Jawa Barat. Foto/Toyota.
A+ A-
JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki 5 fasilitas manufaktur yang berlokasi di Sunter - Jakarta dan Karawang – Jawa Barat. Fasilitas-fasilitas ini memproduksi kendaraan secara utuh maupun terurai, mesin, komponen, serta alat bantu produksi untuk proses pengepresan (dies) dan pengelasan (jigs). Proses manufaktur di TMMIN dilakukan secara utuh mencakup: Casting, Stamping, Welding, Assembly, dan Quality Control.  Secara total, 9.500 karyawan terlibat dalam kegiatan produksi yang hasilnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Secara keseluruhan, TMMIN memproduksi 7 model kendaraan dan 2 model mesin. Kijang Innova, Fortuner, Etios, Vios, Limo, Yaris dan Sienta diproduksi di Pabrik Karawang 1 dan 2. Untuk mesin, TMMIN memproduksi 2 tipe yaitu NR yang diproduksi di pabrik baru Karawang 3 serta mesin TR yang diproduksi di pabrik Sunter 1 dan 2. 

Managemen produksi di TMMIN tidak lepas dari kemampuan sumber daya manusia didalamnya. Di setiap fasilitas manufaktur, TMMIN juga membuka fasilitas pelatihan Toyota Learning Centre yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan TMMIN mengenai Toyota Production System (TPS). TMMIN juga membuka sebuah akademi manufaktur otomotif yang dinamakan Toyota Indonesia Akademi (TIA) dimana lulusannya akan diberikan sertifikasi manufaktur otomotif.

“Melalui semangat We Make People Before We Make Product, kami selalu berupaya untuk melalukan pengembangan SDM berstandar kualitas global yang tentunya akan menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dan semoga dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan daya saing industri di Indonesia,” tutup Bob Azam, Direktur Administrasi TMMIN dalam keterangan resminya Selasa (25/10/2016).



(dol)
loading gif
Top