Mini Cooper Bikin Rekor Baru di Ajang Indonesia Diecast Expo 2016

Selasa, 01 November 2016 - 00:32 WIB
Mini Cooper Bikin Rekor Baru di Ajang Indonesia Diecast Expo 2016
Mini Cooper Bikin Rekor Baru di Ajang Indonesia Diecast Expo 2016
A A A
JAKARTA - Menengok kesuksesan pada gelaran pada tahun-tahun sebelumnya, Indonesia Diecast Expo kembali digelar untuk ketiga kalinya di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Kali ini menampilkan ribuan koleksi diecast, lebih dari seratus penjual, dan 60 komunitas diecast dari seluruh Indonesia.

Pameran yang dibuka oleh Letjen (Purn) Soeyono selaku Ketua Dewan Pembina pameran diecast selama dua hari penyelenggaraan (29 – 30 Oktober 2016) pameran diecast terbesar di Indonesia ini pengunjung yang datang tercatat mencapai 11.882. Sementara untuk transaksi mencapai Rp3 milliar.

Dalam event ini juga diluncurkan majalah diecast pertama dan satu-satunya di Indonesia, yaitu Majalah Diecast Indonesia (MDI). Dalam sambutannya, Feldani Effendi selaku Pimpinan Umum mengatakan bahwa majalah ini hadir untuk melengkapi ekosistem diecast yang sebenarnya sudah lama terbentuk di Indonesia. Ini dapat dilihat dari tumbuhnya komunitas diecast di seluruh penjuru Tanah Air.

Banyaknya pengunjung anak-anak di Indonesia Diecast Expo (IDE) yang ketiga ini menjadi perbedaan tersendiri dibandingkan dua penyelenggaraan terdahulu. Menurut Ketua Penyelenggara, Arya Lembana, segmen pengunjung IDE tahun ini memang diperluas dengan memasukkan anak-anak.

“Pada IDE kali ini kami melakukan beberapa penyesuaian untuk mengakomodir kepentingan pengunjung dari kalangan anak-anak, diantaranya menambah area bermain dan kompetisi balap diecast untuk anak-anak“ ujarnya dalam keterangan resminya Senin (31/10/2016).

Pada IDE 2016 ini terdapat diorama kereta api berukuran 3 x 10 meter yang sengaja ditampilkan untuk menghibur anak-anak. Sebagai salah satu tradisi, Indonesia Diecast Expo 2016 juga menggelar lelang diecast hasil donasi seluruh peserta kategori Kolektor dan Komunitas.

Sementara pihak penyelenggara menyumbangan diecast custom bertema Nusantara sebanyak 7 unit dan sejumlah official event car. Pada hari pertama, total 3 unit diecast custom terjual di angka Rp12,7 juta.

Sementara hari kedua, walaupun hasil lelang diecast custom hanya mencapai Rp4,5 juta untuk 3 unit, namun satu unit official event car yang berupa Mini Cooper skala 1:64 nomor seri 01 terjual dengan sistem lelang dengan angka Rp8,5 juta. Nilai tersebut memecahkan rekor lelang satu unit diecast skala 1:64 dalam sejarah penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo yang dipegang oleh Impala Nusantara yang terjual 7.2 juta pada tahun lalu.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0615 seconds (0.1#10.140)