Intel NUC Skull Canyon, Mini PC dengan Desain Kekinian

Kamis, 03 November 2016 - 11:55 WIB
Intel NUC Skull Canyon, Mini PC dengan Desain Kekinian
Intel NUC Skull Canyon, Mini PC dengan Desain Kekinian
A A A
CALIFORNIA - Next Unit of Computing (NUC) menjadi perangkat desktop mini yang banyak digemari saat ini, karena kemampuan utama NUC adalah performa yang disuguhkan sangat powerfull meski memiliki bodi yang terbilang kecil.

Dalam hal ini Intel mengeluarkan produk mini pc nya yang diberi nama resmi NUC NUC6i7KYK, karena susah diingat portable ini disebut Intel Skull Canyon. Ini adalah kit yang memerlukan beberapa tambahan lain.

Perangkat ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7-6770HQ quad-core 2.6GHz dengan integrasi WiFi, Ethernet, Intel HD Audio dan tak ketinggalan grafis Iris Pro 580. Tapi Anda harus membukanya dan menambahkan SSD milik Anda sendiri di salah satu dari dua slot M.2, bersama dengan RAM milik Anda sendiri (mendukung hingga 32GB DDR4).

Selain itu Anda juga harus menyediakan OS juga karena perangkat ini tidak datang dengan OS bawaan. Perangkat ini mempunyai desain yang keren dan tidak membosankan yang dibalut dengan bodi berwarna hitam dan memiliki pola anyaman reflektif serta gambar tengkorak besar disampingnya (bagian atas).

Perangkat ini mempunyai ukuran ketebalan 1,1 inci, panjang 8,3 inci, dan lebar 4,75 inci dan berat 680 gram. Selain tombol power yang berada di depan, ada juga sebuah slot SD card, headphone jack dan dua soket USB 3.0, dimana salah satunya berwarna kuning, karena digunakan untuk port pengisian ke perangkat mobile untuk memberikan daya yang lebih besar.

Sedangkan pada bagian belakang terdapat port power, HDMI, Thunderbolt 3 / USB C, port Mini Display dan gigabit Ethernet, bersama dengan 3 USB 3.0. Selain itu, ada lagi jack 3.5mm untuk audio output, yang juga mendukung minijack untuk kabel optik (berguna untuk menghubungkan NUC ke A/V receiver).

Dalam penggunaannya Anda harus melepaskan empat sekrup yang ada, kemudian pasangkan SSD slot M.2 pada salah satu dari dua slot SSD serta RAM. Sedangkan untuk menginstal sistem operasi, Anda dapat menggunakan USB stick untuk menginstal OS yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Anda harus mengunduh driver yang relevan karena perangkat tidak datang dengan driver. Ada dua varian yang ditawarkan Intel Skull Canyon, yakni varian tanpa RAM, SSD, dan OS dibanderol sekitar Rp8,5 jutaan. Sementara untuk varian yang dilengkapi dengan RAM 16GB, ROM 256GB, dan OS Windows 10 dibanderol Rp13 jutaan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0182 seconds (0.1#10.140)