Malu-malu, Geely Bantah Tertarik dengan Lotus

Kamis, 03 November 2016 - 21:02 WIB
Malu-malu, Geely Bantah Tertarik dengan Lotus
Malu-malu, Geely Bantah Tertarik dengan Lotus
A A A
KUALALUMPUR - Kabar produsen automotif asal China, akan membeli Lotus karena Proton sedang goyang langsung dibantah Geely. Bos Geely, Li Shufu menegaskan Geely hanya tertarik untuk mengadakan kerjasama teknologi saja.

"Kami tak pernah membicarakan tentang pembelian ekuitas," tutur Li seperti dilansir dari Speedweeks, Kamis (3/11/2016)

Meskipun Li membantah, namun perusahaan itu enggan menyerahkan laporan spekulatif Road & Track tentang pembelian Lotus, ia menyarankan bahwa Geely tertarik untuk bekerjasama dengan produsen dari Inggris itu, tetapi tidak dijelaskan lebih lanjut.

Sebelumnya, Proton, selaku pemilik Lotus diketahui sedang mencari mitra strategis untuk pemulihan keuangan mereka, yang mungkin akan menjual Lotus. Namun hingga saat ini, Proton belum mengkonfirmasi apa-apa terkait hal ini.

Jika benar rumor ini, Lotus menjadi calon yang terkuat, Lotus Engineering turut terlibat dalam kerja-kerja pengembangan bersama beberapa produsen lain.

Lotus butuh perkembangan seperti pandangan bisnis menguntungkan dan platform baru buat cikal bakal produk masa depan. Proton, sudah tidak sanggup lagi menyediakan itu.

Geely perusahaan asal China ini, selama ini giat dengan proyek pembelian perusahaan otomotif. Pada 2010, Geely melakukan terobosan dengan membeli Volvo dari Ford. Dua tahun kemudian, Geely berekspansi lagi menggelontorkan dana untuk pembelian The London Taxi Company, jadi Geely sudah satu kaki di Inggris.

Buah kolaborasi dengan Volvo menghasilkan buat tahun ini. Belum lama Geely melahirkan merek baru yang dinamakan Lynk & Co. Merek itu memproduksi mobil berbasis platform baru Compact Modular Architecture (CMA).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4766 seconds (0.1#10.140)