alexa snippet

Wajib Tahu, Rem Depan Motor Anda Bermasalah Ini Caranya

Wajib Tahu, Rem Depan Motor Anda Bermasalah Ini Caranya
Tak jarang pengguna motor roda dua menganggap remeh keberadaan rem, padahal rem merupakan komponen penting dalam kendaraan. Foto/ Ilustrasi.
A+ A-
Tak jarang pengguna motor roda dua menganggap remeh keberadaan rem, padahal rem merupakan komponen penting dalam kendaraan. Fungsi utamanya adalah untuk mengurangi kecepatan kendaraan baik saat melewati jalan menurun ataupun akan berhenti.

Janganlah menyepelekan rem bila kondisinya sudah tidak pakem atau mengalami penurunan fungsi. Rem kendaraan apapun harus dalam kondisi prima saat digunakan.

Beberapa masalah yang sering terjadi berkurangnya fungsi rem diantaranya kampas rem sudah menipis. Penyebab rem tidak pakem lainya juga bisa disebabkan terdapatnya gelembung udara dalam sistem, cara mengatasinya cukup dilakukan bleeding saja.

Namun tak jarang pengguna juga mengalami rem yang keras sehingga sulit untuk dicengkram. Penyebab rem depan keras pada umumnya adalah master rem yakni pada pistonya.

Kerasnya rem tersebut bisa disebabkan piston rem pada master kotor atau rusak. Solusinya adalah dibongkar lalu dibersihkan atau diganti dengan yang baru.

Untuk melakukanya sebenarnya bisa dilakukan sendiri dirumah. Pertama yang harus dilakukan adalah buka tuas rem terlebih dahulu, lalu lepaskan tutup master atas. Setelah itu lepaskan klem pengunci piston rem, tarik keluar piston. Bersihkan dengan udara bertekanan. Setelah selesai, pasang kembali dan tambahkan minyak rem.

Perlu diingat, minyak rem tersebut jangan sampai mengenai cat motor karena bisa merusak. Agar lebih aman, lepaskan master rem terlebih dahulu dari dudukanya. Sebelum memasang kembali cek dulu kondisi piston dan karetnya.

Jika sudah rusak silahkan ganti dengan yang baru. Harganya juga cukup murah yakni sekitar Rp 60 ribuan doang. Bila tak yakin melakukannya jangan dipaksa, lebih baik bawa kebengkel terdekat.



(dol)
loading gif
Top