Cara Sederhana Memperbaiki Stater yang Rusak

Sabtu, 05 November 2016 - 21:19 WIB
Cara Sederhana Memperbaiki Stater yang Rusak
Cara Sederhana Memperbaiki Stater yang Rusak
A A A
JIKA kick starter merupakan komponen penting untuk menghidupkan sebuah kendaraan. Namun bila kick stater rusak bagaimana cara memperbaikinya? Namun sebelumnya Anda harus mengetahui gejala awal dari kerusakan pada starter motor tersebut.

Biasanya gejala awal matinya starter motor seperti suaranya yang kasar, atau bahkan tidak ada suara sama sekali ketika tombol starter di tekan.

Apabila saat tombol starter ditekan namun motor starter atau diam, besar kemungkinan aki motor yang lemah. Kerusakan starter motor bisa terjadi pada empat komponen yakni aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri.

Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor

Aki atau Baterai
Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam alias tidak mau berputar maka cek baterai. Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak.

Rangkaian Starter
Jika ternyata tegangan baterai masih bagus, periksa rangkaian starter mulai dari kabel yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Caranya dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor bersihkan dengan amplas halus.

Relay Starter atau Bendik
Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. Cara mengeceknya, sambung dua kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ dan -), jika terdengar suara hentakan artinya masih bagus.

Motor Starter
Periksa dengan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa.

Tekan tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus atau kumparan putus.

Jika hanya brushnya saja yang sudah aus, anda bisa menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata kumparan (spull) putus sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo. Bila ingin starter motor awet sebaiknya lakukan perawatan starter motor secara rutin. Selamat mencoba.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3230 seconds (0.1#10.140)