6 Kampus dengan Jurusan Teknik Geologi Favorit, Lulusannya Banyak Dibutuhkan

Senin, 17 Juli 2023 - 10:18 WIB
loading...
6 Kampus dengan Jurusan Teknik Geologi Favorit, Lulusannya Banyak Dibutuhkan
UGM merupakan salah satu kampus yang memiliki Jurusan Teknik Geodesi terbaik. Lulusan Teknik Geodesi salah satunya bisa bekerja di perusahaan pengeboran minyak lepas pantai. Foto/laman FT UGM
A A A
JAKARTA - Ini universitas dengan Jurusan Teknik Geologi terbaik. Jurusan Teknik Geologi secara umum merupakan ilmu yang mempelajari tentang komposisi bumi.

Di jurusan Teknik Geologi, mahasiswa akan mempelajari tentang banyak hal terkait dengan ilmu bumi yang meliputi perminyakan, pertambangan, geotermal, mitigasi bencana, dan lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 kampus dengan Jurusan Geologi terbaik di Indonesia.

Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Teknik Geologi Terbaik

1.Institut Teknologi Bandung

Jurusan Geologi ITB sudah mengantongi akreditas A sejak tahun 2015 lalu.Pada program studi ini, kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan bumi sebagai obyek, dengan ruang lingkup yang luas, misalnya batuan dan mineral, minyak dan gas bumi, gunung api dan panas bumi, atau struktur bumi dan gempa bumi.

2.Universitas Hasanuddin

Teknik Geologi di kampus di Makassar ini mendapat akreditasi A pada 2016. Jurusan yang berada di bawah Fakultas Teknik ini memiliki sederet mata kuliah yang kurang lebihnya sama. Di antara lain, Geokimia Dasar, Geologi Kelautan, Sedimentologi, dan Geologi Indonesia.


3.Universitas Diponegoro

Program studi Teknik Geologi di Undip masuk dalam lingkup Fakultas Teknik. Pada awalnya Fakultas Teknik ini merupakan bagian dari Universitas Semarang yang diduga pada tahun 1958.

Kemudian saat ini fakultas teknik tersebut mulai berkembang menyediakan 12 program studi, salah satunya adalah Teknik Geologi. Namun sayangnya program studi Teknik Geologi ini hanya tersedia untuk program S1 dengan akreditasi B.

4.Universitas Padjajaran (Unpad)

Teknik Geologi di Universitas Padjajaran masuk ke dalam lindungan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam yang telah berdiri sejak 17 November 1959.Universitas ini telah tegolong ke dalam akreditasi A. Di universitas ini kamu akan menemukan banyak bidang yang bisa dipelajari seperti Geokimia dan Geothermal, Geologi Dinamik, Geofisika, dan lainnya.


5. Universitas Gadjah Mada

Program studi teknik geologi UGM merupakan bagian dari Fakultas Teknik UGM. Selain itu, teknik geologi UGM telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

Jurusan Teknik Geologi UGM juga berperan aktif dalam mengirimkan mahasiswa terbaiknya ke ajang Olimpiade Geologi Nasional tingkat universitas dan berhasil menjadi juara umum selama 3 (tiga) tahun berturut-turut pada 2008-2010.

6.UPN Veteran Yogyakarta

Jurusan Teknik Geologi pada universitas ini ada dalam naungan Fakultas Teknologi Mineral yang bervisi menghasilkan lulusan yang ulet dan berdedikasi tinggi. Universitas ini telah tegolong ke dalam akreditasi A.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)