UD Trucks Indonesia Juarai Gemba Challenge 2016 di Jepang

Jum'at, 18 November 2016 - 18:03 WIB
UD Trucks Indonesia Juarai Gemba Challenge 2016 di Jepang
UD Trucks Indonesia Juarai Gemba Challenge 2016 di Jepang
A A A
SAITAMA - Tim UD Trucks Indonesia tampil sebagai juara di final kejuaraan UD Trucks Gemba Challenge 2016 – kompetisi kejuaraan final global purna jual bagi para mekanik -- di Ageo, Saitama, Jepang, 15-16 November 2016. Tim Kerak Telur dari Astra International itu menjadi juara setelah menyisihkan 10 finalis lain dari enam negara seperti Afrika Selatan, Thailand, Taiwan, Singapura, dan tuan rumah Jepang.

Gemba Challenge merupakan event bagi para mekanik UD Trucks di seluruh dunia dan digelar pertama kali pada 2014. Ajang sebagai upaya untuk mengembangkan keterampilan, semangat tim, dan kebanggaan di antara UD personel aftermarket garis depan. Sekaligus event ini untuk memelihara semangat UD Gemba dalam menjalankan brand promise UD Trucks, "Going The Extra Mile" dan nilai inti dari "Ultimate Dependability".

Kompetisi tahun ini dimulai pada Juni diikuti 289 tim dari seluruh dunia, di mana setiap tim terdiri dari 4 mekanik, dengan dua putaran teori yang diadakan secara online.

“Angka tahun ini mengalami pertambahan pesat dibanding dua tahun sebelumnya, yakni 185 tim. Jadi, terjadi peningkatan sebesar 57%. Ini yang membuat kompetisi memiliki tantangan lebih besar bagi para peserta dari Indonesia, akan tetapi kami bangga Indonesia terpilih menjadi juara pertama,” ujar Ali Rachman, Head of Competence Development UD Trucks Indonesia kepada SINDOnews di Jepang, Jumat (18/11/2016).

Tahap final kompetisi di gelar langsung di UD Experience Center di kantor pusat perusahaan di Ageo. Mencakup beberapa materi yang diadu dalam 6 stasiun. Indonesia sendiri menurunkan dua tim dalam kompetisi final yang diikuti 11 tim. Satu lainnya ada United Tractor. Sementara Sembilan tim lainnya berasal dari Jepang (4 tim), Thailand, Singapura, Taiwan, dan Afrika Selatan (2 tim), salah satunya adalah juara 2014 BB Truck & Tractor Polokwane.

Tim Kerak Telur dari Astra International UD Trucks Indonesia yang terdiri dari 4 peserta: Frize Dian Anggi Pratama, Rachmat Ary Wibowo, Tri Mulyono, Stephanus Budi terpilih sebagai juara pertama dan juara terbaik Quester, diikuti tim Poso dari Jepang sebagai juara 2, dan tim Lobster dari Thailand sebagai juara 3.

“Tantangannya tidak hanya menguji kemampuan individu para mekanik, ahli komponen, dan perwakilan layanan pelanggan, tetapi juga mempromosikan semangat tim dengan mendorong tim untuk memecahkan masalah bersama-sama,” ujar S. Purbo Yuwono, Service Department Head Astra International UD Trucks Indonesia.

Menurut Purbo yang diutamakan bukan cepat tidaknya penyelesaian, akan tetapi mekanisme kerja yang setara dengan standard UD Trucks. Dan, timnya terbukti mampu setara dengan standard UD Trucks secara international.

Dia menambahkan, untuk menyelesaikan materi yang diujikan dalam Gemba Challenge, yakni Diagnostics, Brakes, Electricks, Engine, Transmission, dan Commercial, diperlukan waktu pelatihan minimal 50.000 jam. Karena itu, pertandingan Gemba Challenge dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

Untuk lebih mempromosikan UD Gemba Spirit dan pentingnya keberadaan mekanik dan para karyawan di seluruh dunia, beberapa ratus karyawan dari UD markas, pabrik, dan rekayasa departemen juga akan diajak untuk menyaksikan Gemba Challenge.

"Kompetisi dua tahunan terbesar UD Trucks ini memberikan kesempatan kepada semua mekanik untuk menunjukkan 'Gemba Spirit'-semangat profesional, antusiasme, dan dapat diandalkan di pusat UD Trucks dari awal. Semangat ini telah mendorong kami memberikan kualitas lebih tinggi dari layanan purna jual kepada pelanggan. Dalam hal ini, para mekanik UD yang berpartisipasi dalam kompetisi ini juga merupakan UD Gemba Spirit," kata Fiona Mårtensson, Project Manager dari Gemba Challenge 2016.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5947 seconds (0.1#10.140)