alexa snippet

Cara Parkir Mobil yang Benar

Cara Parkir Mobil yang Benar
Ketidakwaspadaan dan salah perhitungan saat memarkir mobil bisa mengakibatkan kecelakaan akibat menyenggol kendaraan lain atau menabrak benda/orang yang berada di sekitar. Foto/Istimewa
A+ A-
MEMARKIR kendaraan yang baik dan benar merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai pengemudi. Ketidakwaspadaan dan kesalahan saat memarkir mobil bisa mengakibatkan kecelakaan akibat menyenggol kendaraan lain atau menabrak benda/orang yang berada di sekitar.

Saat Anda berada di sebuah daerah yang ramai, usahakan parkir di pinggir jalan agar tidak menganggu kendaraan lain. Berikan lebih banyak ruang kosong untuk memberikan jarak antara mobil Anda dengan kendaraan lain.  

Gunakan kaca spion, untuk memantau keadaan sekitar dari samping kiri-kanan serta belakang kendaraan agar terhindar kemungkinan menyerempet atau menabrak mobil serta orang yang berada di sekitar kendaraan.

1
Buka jendela mobil saat berada di area parkir, matikan audio agar lebih konsentrasi serta dapat mendengarkan sesuatu di sekeliling Anda sebelum sempat melihatnya.

Saat akan parkir jangan berhenti mendadak. Hal ini untuk menghindari tabrakan. Disarankan kemudikan kendaraan secara perlahan saat mencari tempat parkir.

Perhatikan tempat parkir dan pastikan di situ tidak ada benda, seperti troli atau tiang pembatas yang membuat mobil Anda tergores.

Parkir Serong

Perhatikan kondisi kanan dan kiri jalan. Gunakan lampu sen saat akan memarkir di tempat yang dituju dan pastikan tidak ada yang melintas.

Parkir Pararel

11
Parkir paralel adalah posisi parkir yang cukup sulit untuk melakukannya oleh sebagian orang. Bahkan terkadang yang ahlipun bisa salah perhitungan bila tempat parkir kurang terang. Perlu trik khusus dan latihan untuk dapat melakukannya dengan lancar dan baik.

Perkirakan bahwa ruang untuk parkir lebih besar dari ukuran panjang mobil kita, majukan mobil hingga sejajar dengan mobil yang parkir tersebut. Usahakan ada jarak sekitar satu meter dari mobil yang parkir dengan mobil kita.



Masukkan gigi mundur (R), kemudian putar stir ke sisi arah tempat parkir. Mundurkan perlahan. Kemudian perhatikan sudut bagian belakang mobil yang parkir.
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top