BDC 2016, Akselerasi Pembentukan Ekosistem Developer Indonesia

Senin, 28 November 2016 - 20:23 WIB
BDC 2016, Akselerasi Pembentukan Ekosistem Developer Indonesia
BDC 2016, Akselerasi Pembentukan Ekosistem Developer Indonesia
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan roadshow Bekraf Developer Day (BDD) yang telah berlangsung di beberapa kota dihadiri lebih dari 4.000 peserta. Program yang digagas oleh Badan Ekonomi Kreatif yang juga di dukung Dicoding Indonesia selama 2016, berhasil meningkatkan animo dan wawasan para developer di berbagai daerah dalam mengembangkan ekonomi kreatif khususnya di sektor digital.

Oleh karena itu, Bekraf dan Dicoding Indonesia berinisiatif menggelar Bekraf Developer Conference (BDC) pada tanggal 27-28 November 2016 untuk merumuskan langkah-langkah yang tepat dalam membangun ekosistem terbaik bagi para developer.

"Acara BDC ini merupakan wadah terbentuknya talenta-talenta di bidang digital yang akan melahirkan StartUp yang menyediakan solusi-solusi, sehingga Indonesia dapat menjadi tuan rumah di Ekonomi Digital Indonesia," ujar Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, Hari Santoso Sungkari, di Jakarta, Senin (28/11/2016).

BDC sendiri mempertemukan para developer, pemerintah (dari berbagai kementerian) serta perwakilan industri. Sehingga hasil rekomendasi BDC diharapkan bisa menciptakan sinergi yang kuat diantara para pemangku kepentingan dalam ekosistem pengembangan aplikasi dan games Indonesia. Khususnya dalam mencari solusi dari sejumlah permasalahan dasar developer pemula dan merumuskan target bersama developer Indonesia dalam 10 tahun ke depan.

"Salah satu hasil utama dari BDC adalah pemetaan permasalahan yang dihadapi developer di tanah air beserta rencana solusi untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut. Harapan kami ini dapat menjadi langkah awal sinergi yang kokoh antara pemerintah, industri, dan para developer sebagai pelaku ekonomi kreatif," ungkap CEO Dicoding, Narenda Wicaksono.

Dengan adanya rekomendasi BDC ini, diharapkan pengembangan industri ekonomi digital tanah air semakin optimal dan terarah guna menghadapi berbagai tantangan regional dan global.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8417 seconds (0.1#10.140)