Bahaya Ransomwarei Jangan Unduh dan Buka Gambar Sembarangan

Selasa, 29 November 2016 - 14:28 WIB
Bahaya Ransomwarei Jangan Unduh dan Buka Gambar Sembarangan
Bahaya Ransomwarei Jangan Unduh dan Buka Gambar Sembarangan
A A A
CALIFORNIA - Bagi pengguna internet saat ini harus lebih berhati-hati, selain virus dan malware yang mengintai para pengguna perangkat komputer dan gadget, juga dikhawatirkan oleh kehadiran ransomware. Sebagai informasi ransomware biasanya menginfeksi file para korbannya, serta meminta sejumlah tebusan bila ingin file tersebut diselamatkan.

Peredarannya tergolong canggih, mulai dari menyisipkan kode jahat pada iklan di sebuah situs dan sekarang melalui sebuah file gambar. Dilansir dari The Hacker News, Selasa (29/11/2016) penyebaran ransomware yang bernama Locky ini menggunakan media Facebook, LinkedIn, atau media sosial lainnya.

Salah satu perusahan dalam bidang keamanan asal Israel, Check Point, menuturkan bahwa cara kerja dari ransomware Locky ini tergolong baru. Sebelumnya ransomware sendiri beredar dari file dengan ekstensi *.doc atau *.docx.

Dimana kode jahat dari file tersebut langsung berjalan saat dibuka menggunakan program seperti Microsoft Word. Dari pengamatan para peneliti, pencipta malware ini telah menemukan celah keamanan pada Facebook dan LinkedIn, yang membuat para penggunanya mengunduh file gambar yang telah disisipi dengan kode jahat ke perangkat komputer.

Setelah di klik atau dibuka, maka otomatis semua file yang terdapat pada komputer akan dienkripsi dan akan diminta tebusan sejumlah 365 USD, atau sekitar Rp5 juta. Check Point sendiri mengatakan bahwa pada minggu lalu sebelumnya juga telah ditemukan celah yang sama, yakni menggunakan file dengan format *.svg.

Tampaknya Facebook dan LinkedIn belum menutup celah ini, membuat para penebar ransomware masih dapat menyebarkan via media sosial. Jadi Anda harus berhati-hati dan tetap waspada, jangan asal membuka atau mengunduh file gambar sembarangan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8275 seconds (0.1#10.140)