alexa snippet

Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia

Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia
Keluarga Honda Astrea Series. FOTO/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Keluarga Honda Astrea adalah salah satu produk Honda yang laris manis di indonesia pada masanya, dengan mesin yang bandel dan juga konsumsi bahan bakar yang super  irit membuat motor ini laris manis di pasar dan punya tempat tersendiri di hati Rakyat Indonesia.

Bicara keluarga Honda Astrea memang menjadi salah satu generasi penerus dari generasi Honda Super Cub hingga bertransformasi hingga menjadi Honda Supra Series.

Adapun beberapa generasi keluarga Honda bebek di Indonesia bisa di katakan memiliki  jalan yang panjang dengan bergantinya model dan juga nama setiap variannya. Dengan mengutip dari berbagai sumber, SINDOnews coba mengulas Riwayat keluarga Honda Astrea di Indonesia.

Honda Super Cub
Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia

Tahun 1961 Honda Super Cub masuk Indonesia, generasi Super Cub masuk melalui C100 dan C 102 yang memiliki model jok lebih panjang. Kedua model ini disebut sebagai Honda Unyil dan terus dipasarkan hingga 1965.
Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia

Honda kemudian mulai memasarkan generasi kedua Super Cub pada periode 1966 hingga 1973. Perubahan yang mencolok dari generasi pertama yaitu posisi headlamp yang telah berada di setang yang sebelumnya menyatu pada bagian leher. Dalam rentang waktu tersebut, pabrikan berlogo sayap mengepak ini merilis beberapa model antara lain C50, C70, serta C90.
Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia

Di antara ketiga model tersebut, yang paling populer di Indonesia yaitu C70 dan C50. Untuk C70, sepeda motor bebek ini didukung mesin 70 cc bertenaga 6 DK. Berikut foto Honda super Cub C70:

Honda generasi ketiga Super Cub pada 1973 dengan menyegarkan model-model yang ada. Tampilan pun berubah dari generasi kedua antara lain model jok yang dibuat menyatu serta perubahan bentuk pada tangki. Generasi ketiga ini terus diproduksi hingga 1980.

 Honda Astrea 700
Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia

Dengan model yang cukup simpel dan termasuk tak ketinggalan jaman, motor ini menjadi pilihan karena bensin yang tak seboros motor 2-tak.ditambah lagi motor ini memang berkesan kalem.

Dengan penampilan lampu sein terpisah dan lampu belakang yang juga terpisah dari body motor, memang tak jauh berbeda dengan motor di jamannya. Tampilan speedometer pun simpel, dengan putaran maksimum di 100 kp. Mesinnya tetap 70 cc 3 speed penyempurnaan dari Honda Super Cub

Honda Astrea 800
Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia
Setelah Honda 700, Honda  melakukan facelift dengan mengeluarkan Honda Astrea 800. Mulai dari sini Astrea 800 melakukan pembenahan dengan jok yang bertambah lebar, punuk yang lebih ramping, speedometer dengan dimensi yang lebar dan informatif, visor di batok, lubang kunci di bawah setang dan lampu kini berada di bawah jok dan lampu sein menyatu dengan headlamp/stoplamp. Soal kubikasi bertambah menjadi 80 cc dan transmisi masih 3-speed.

Honda Astrea Star
Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia
Astrea Star hadir pada tahun 1985 sebagai pengganti Astrea 800. Perbedaan bisa terlihat dari headlamp yang berbentuk trapesium namun lebih ramping, lampu sein lebih slim dan simpel, sayap juga lebih minimalis, selain itu perbedaan juga terlihat di stoplamp berbentuk ekor bebek. Dari segi mesin Star sudah memakai CDI, tidak platina.

Honda Astrea Prima

Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia
Astrea Prima pada tahun 1988, ini adalah versi minor change dari Astrea Star. Namun penambahan kelengkapannya cukup wow. Seperti shockbreker depan yang sudah teleskopik dan kubikasi mesinnya yang 95 cc,  transmisinya juga sudah 4-speed. Versi ini masih built-up dari Jepang dan yang mencengangkan, topspeednya bisa 120 km/jam.

Honda Astrea Grand dan Impressa
Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia
Astrea Grand cukup banyak perubahan di sektor bodi pada tahun 1991, gap antara Grand dan Prima memang cukup dekat sebab di era ini kompetitor sudah mulai mengganas. Sebut saja Yamaha Alfa dan Suzuki Crystal.

Oleh sebab itu Grand ada sebagai refreshment dari Prima, berbekal mesin yang tidak jauh berbeda dengan Prima namun bodi dibuat lebih aerodinamis dan slim. Selain itu headlamp dan stoplamp dibuat minimalis dan mengikuti lekuk bodi sehingga tidak terkesan kaku. Perbedaan lain terdapat di footstep belakang yang penempatan dudukannya terpisah, tidak mengikuti swingarm, alhasil meminimalisir getaran.
Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia
Pada tahun 1994, Grand kembali update dengan menambahkan seperti spoiler duck tail di belakang beserta stoplamp. Bisa dibilang di generasi inilah penjualan Honda makin meningkat tajam. Topspeed pun masih 120 km/jam,

Honda Legenda
Riwayat Keluarga Honda Astrea di Indonesia

Astrea Legenda dan Legenda 2 hadir menjadi pengganti Honda Astrea Impressa, bedanya, perbedaan hanya striping semata, namun Legenda hadir tetap memanjakan pencinta motor klasik . Namun karena diduga kualitas mesin yang di bawah Honda Astrea penjualan seret dan mengakhirinya di tahun 2004 dan menyerahkan tahtanya kepada Supra Fit.



(wbs)
loading gif
Top