Robot BB-8 Mainan Robotik untuk Pecinta Film Star Wars

Senin, 05 Desember 2016 - 17:10 WIB
Robot BB-8 Mainan Robotik untuk Pecinta Film Star Wars
Robot BB-8 Mainan Robotik untuk Pecinta Film Star Wars
A A A
LONDON - Mendengar kata robot dalam film berjudul Star Wars pasti sudah terbayang apa saja robot yang tampil di dalam film tersebut. Perusahaan perangkat robotik Sphero berinisiatif menciptakan robot keren dan lucu bernama BB-8 dalam bentuk mainan yang bisa dikendalikan.

Mainan robotik yang berbasis RC atau remote controler memang sedang marak, jika belakangan yang naik pamor adalah drone kali ini robot yang diadopsi dari sebuah film. BB-8 mungkin terlihat jadi collector item bagi pecinta Star Wars namun sayang sekali sebab kenyataannya mainan ini cukup seru.

Masih serupa dengan robot buatan Sphero lainnya, BB-8 ini sebetulnya memiliki badan berdesain bulat. Di dalamnya terdapat mesin penggerak serta prosesor yang mencerna perintah, dikirimkan dari aplikasi pada perangkat smartphone maupun tablet.

Pertama Anda diharuskan menunduh aplikasi pendukung Sphero BB-8 tersebut, tersedia untuk Android dan iOS. Kemudian nanti akan diminta untuk melakukan pairing menggunakan aplikasi Bluetooth dengan robot BB-8.

Konektivitas dengan Bluetooth ini hanya mampu menjangkau jarak 100 kaki 30 meter. Oleh sebab itu pastikan Anda bermain di ruang yang cukup lapang agar tidak kehilangan koneksi dengan robot BB-8.

Selain itu meskipun menggunakan bahan policaronate untuk cangkangnya yang diklaim cukup keras dan tahan benturan. Tidak disarankan bermain terlalu kencang di ruang sempit apalagi jatuh dari tempat yang cukup tinggi.

Bukan hanya bagian inti dari robot BB-8 yang dikhawatirkan pecah tetapi juga replika kepala BB-8 yang terbuat dari plastik dan berisi magnet yang akan terus menempel selagi robot BB-8 melaju.

Lalu ada aspek penting yang menggerakkan robot BB-8, yakni sensor gyroscope dan accelerometer pada smarthone agar dapat diproses oleh mesin BB-8. Dengan begitu BB-8 dapat mengenali arah gerak dan kecepatan lajunya. Jadi pastikan sensor tersebut tersedia di smartphone Anda. Kecepatan lajunya bisa mencapai 4,5 mph.

Dari segi desain BB-8 dibuat semirip mungkin dengan karakter di film. Robot ini beberapa kali akan menciptakan gerakan serta bunyi sebagai respon ketika memainkannya.

Aplikasnya tidak hanya dipergunakan untuk mengontrol pergerakan robot tersebut, tapi juga ada fitur lain. Misalnya, perintah suara, mode patroli yakni bergerak sesuai titik laju yang sudah ditandai hingga menampilkan gambar dan pesan video hologram. Untuk fitur terakhir akan muncul dalam bentuk teknologi augmented reality yang akan terlihat dari aplikasinya.

Satu hal lagi yang seru, robot ini bisa mengikuti perintah dari gerakan tangan. Dengan menggunakan Star Wars Force Band, gelang yang mneyerupai jam tangan, akan membuat penggunanya seakan memiliki kekuatan untuk menggerakan robot BB-8.

Pada Force Band terdapat sensor yang akan mengenali gerakan tangan Anda dan diartikulasikan sebagai perintah. Hal ini sekaligus juga menambah beberapa mode fitur untuk memainkan robot. Robot BB-8 ciptaan Sphero dibanderol Rp 3,2 juta untuk paket penjualan termasuk Force Band.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5544 seconds (0.1#10.140)