7 Alasan Utama Kenapa China Dibenci Banyak Warga Dunia

Jum'at, 28 Juli 2023 - 04:15 WIB
loading...
7 Alasan Utama Kenapa China Dibenci Banyak Warga Dunia
Dengan kekuatan militer dan ekonomi yang semkain kuat, citra China di banyak warga dunia justru terus memburuk. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Studi Pew Research Center menunjukkan pandangan negatif tentang China di seluruh dunia, terutama di negara-negara berpenghasilan tinggi, yakni negara-negara Barat.

China mungkin dikenal luas sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia. Survei Pew Research Center mengungkapkan, citra internasionalnya sebagai kekuatan ekonomi goyah di negara-negara berpenghasilan tinggi dan menengah.

Survei yang dirilis pada hari Kamis juga menemukan pendapat yang sebagian besar tidak menguntungkan tentang China secara keseluruhan, dengan rata-rata 67% responden menyatakan pandangan negatif tentang Beijing dibandingkan dengan 28% yang berbagi pandangan positif.

Pew menyurvei lebih dari 30.000 orang dewasa di 24 negara, termasuk Amerika Serikat, Meksiko, Jerman, Australia, Brasil, Israel, Nigeria, Jepang, dan India. Ditemukan bahwa persepsi negatif tentang China sebagian besar terkonsentrasi di negara-negara berpenghasilan tinggi, seperti Australia, Swedia, Korea Selatan, dan Jepang.

Kenapa China begitu dibenci oleh banyak warga dunia?

Berikut adalah 7 alasan kenapa China dibenci oleh banyak warga di dunia.

1. Jadi Ancaman bagi AS

7 Alasan Utama Kenapa China Dibenci Banyak Warga Dunia

Foto/Reuters

Itu juga sangat tinggi di AS, di mana 50% responden menyebut Beijing sebagai ancaman terbesar bagi Washington dalam pertanyaan terbuka, dibandingkan dengan 17 persen responden yang menyebut Moskow.

Responden di negara-negara seperti Indonesia, Nigeria, dan Meksiko mengungkapkan pendapat yang jauh lebih positif tentang China. Kenapa? Kemungkinan besar karena berbagai faktor – dari perannya dalam memasok internet 5G ke negara-negara berpenghasilan menengah hingga investasi skala besar melalui proyek-proyek seperti Inisiatif infrastruktur Sabuk dan Jalan atau disebut dengan Jalur Sutra.

2. Menebar Konflik dengan Negara Tetangga

7 Alasan Utama Kenapa China Dibenci Banyak Warga Dunia

Foto/Reuters

India adalah negara asing yang terkenal di antara negara-negara berpenghasilan menengah karena hubungannya dengan China telah goyah karena berbagai masalah termasuk perbatasan sepanjang 3.500 km (2.175 mil) yang disengketakan yang membentang melintasi Himalaya.

Survei Pew menemukan 67% responden di India memiliki pandangan negatif terhadap Beijing meskipun ada hubungan ekonomi yang erat antara kedua negara – naik dari 46 persen pada 2019.

3. Memiliki Pengaruh Ekonomi yang kuat

7 Alasan Utama Kenapa China Dibenci Banyak Warga Dunia

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)