alexa snippet

Cara Ampuh Bikin Laptop Anda Tetap Gesit

Cara Ampuh Bikin Laptop Anda Tetap Gesit
cara agar laptop tidak lemot dan tetap dapat mendukung aktivitas keseharian. FOTO/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Laptop saat ini telah menjadi perangkat pendukung bagi banyak orang. Bahkan tak jarang banyak pengguna yang menggunakan laptop untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Kalau sudah begitu, performa laptop yang baik tentu sangat diperlukan. Lantas bagaimana cara agar laptop tidak lemot dan tetap dapat mendukung aktivitas keseharian.

Dilansir dari  CNET Senin (12/12/2016), berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan agar laptop tetap memiliki performa yang baik.

1. Batasi Hard Drive

Semakin banyak file dan aplikasi, maka semakin lambat pula hard drive bekerja. Oleh karena itu, cobalah untuk menghapus beberapa perogram yang tidak perlu.

2. Ganti Hard Drive

Jika masih belum puas dengan performa yang dihasilkan, cobalah ganti hard driveyang lama. Semisal  mengganti Traditional Spinning Hard Drive ke Solid-State Drive (SSD) untuk membuat kinerja laptop lebih gesit

3. Kurangi Multitasking

Mengurangi multiasking juga dapat meningkatkan kinerja laptop. Coba tutup aplikasi atau tab pada browser jika tidak digunakan.

Untuk menghentikan program yang menghabiskan banyak daya sistem, biasanya ada shortcut menu MacOS dan Windows untuk menunjukkan jumlah aplikasi yang sedang bekerja di CPU, Memory, Disk, dan Network.

Bila pengguna Windows, Anda cukup buka task, dan untuk MacOS buka acitivity monitor. Keduanya menunjukkan persentase dari daya sistem yang sedang digunakan

4. Tambah RAM

Langkah terakhir cobalah untuk memperbesar kapasitas RAM. Semakin banyak RAM yang  dimiliki, maka akan semakin banyak penyimpanan data. Hal ini tentu dapat mencegah melambatnya kinerja laptop.

Demikian beberapa langkahyang dapat digunakan untuk menjaga performa laptop tetap gesit.



(wbs)
loading gif
Top