Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Pidato

Sabtu, 29 Juli 2023 - 15:33 WIB
loading...
Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Pidato
Teks pidato secara sederhana adalah teks berisi ungkapan pikiran terhadap sesuatu untuk disampaikan di depan umum. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengertian, ciri, dan teks pidato menarik untuk kita simak. Teks pidato secara sederhana adalah teks berisi ungkapan pikiran terhadap sesuatu untuk disampaikan di depan umum. Pidato menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditunjuk kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti dan melakukan yang kita minta secara sukarela.

Teks pidato memuat gagasan, ungkapan pikiran, dan pendapat mengenai suatu hal yang akan disampaikan di depan umum. Orang yang melakukan pidato disebut orator. Pidato sering kita temukan dalam kehiduapan sehari-hari, seperti di sekolah, kegiatan keagamaan, dan lingkungan sekitar. Mari kita simak penjabaran mengenai pengertian, ciri, dan contoh teks pidato.
Berikut pengertian, ciri, dan contoh teks pidato

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Pidato

Pengertian Teks Pidato

Teks pidato adalah teks yang berisi ungkapan pikiran, pendapat, gagasan, dan pengetahuan seseorang terhadap sesuatu untuk disampaikan di depan umum. Pidato sering dilakukan pada acara-acara peresmian, acara sekolah, acara lingkungan, dan acara formal. Tujuan dari pidato adalah untuk memperngaruhi pendengar agar sepaham dan mengikuti kemauan yang kita sampaikan secara sukarela.

Orang yang melakukan pidato disebut orator, dalam sebuah pidato oratot akan menyampaikan ini pidato sesuai tema yang telah ditentukan. Pidato disampaikan menggunakan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh semua audiens. Pidato biasanya dibacakan oleh orang-orang yang memiliki kuasa atau dianggap penting. Adapun ciri atau karakteristik dari teks pidato.

Ciri Teks Pidato

1. Memiliki tujuan yang jelas.
2. Mengandung sebuah kebenaran.
3. Bersifat informatif dan efektif.
4. Disampaikan dengan artikulasi, volume, dan intonasi yang jelas.
5. Teks diakhiri dengan kesimpulan.

Contoh Teks Pidato Singkat

1. Contoh Teks Pidato Tentang Lingkungan

Selamat siang semuanya

Para hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan syukur atas kehadirat Allah SWT. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.

Adanya kita di sini untuk menyambung tali silaturahmi sekaligus membahas mengenai kebersihan lingkungan di daerah kita ini. Lingkungan tempat kita tinggal harus terawatt dan bersih. Bebas dari segala macam penyakit dan hal yang merugikan. Dengan cara kita bisa melakukan kerja bakti setiap sebulan sekali.

Kesadaran dari setiap elemen masyarakat dalam menjaga lingkungan sangat penting peranannya. Edukasi mengenai kebersihan dan kesehatan pada lingkungan juga perlu ditenkankan lagi pada lingkungan kita. Kesadaran masyarkat mengenai sampah masih kurang diperhatikan. Maka, alangkah baiknya kerja bakti ini, kita segerakan. Demi kenyamanan dan keamanan di lingkungan kita ini.

Sekian pidato yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila banyak kekurangan dan salah dalam perkataan .

Terima kasih.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)