9 Perang Film Mirip Dunkirk, Penuh Aksi Seru yang Mendebarkan

Minggu, 30 Juli 2023 - 23:03 WIB
loading...
9 Perang Film Mirip Dunkirk, Penuh Aksi Seru yang Mendebarkan
Dunkirk mengangkat tema Perang Dunia dengan cerita tentang penyelamatan. Di luar sana, masih banyak film dengan tema serupa yang tak kalah seru dan menegangkan. (Foto: Letterboxd)
A A A
Dunkirk adalah salah satu karya terbaik sutradara Christopher Nolan. Bertema Perang Dunia, Nolan berhasil membuat Dunkirk menjadi salah satu film perang paling populer di dunia. Fokus yang ditampilkan film ini adalah kisah evakuasi besar-besaran yang dilakukan terhadap tentara sekutu di pantai utara Prancis.

Mereka terdesak oleh pasukan Jerman dan berada di ambang kekalahan. Saat itu, pilihannya adalah menyerah atau dimusnahkan. Pada akhirnya, operasi penyelamatan mulai dilakukan. Meski terus mendapat gempuran dari Jerman, sekitar 300.000 tentara sekutu berhasil dievakuasi dengan selamat. Mereka kemudian dipindahtugaskan ke medan tempur lain yang masih dirasa lebih aman.

Dunkirk tidak sepenuhnya fakta. Karakter yang terlibat di film ini disebut fiktif. Tapi, peristiwanya adalah nyata. Film ini disebut sebagai salah satu film perang terbaik yang pernah dibuat. Bagi kamu yang menyukai film seperti Dunkirk ini, terdapat beberapa film perang lain yang kemungkinan akan cocok juga. Apa saja? Simak rekomendasinya berikut!



1. Saving Private Ryan

9 Perang Film Mirip Dunkirk, Penuh Aksi Seru yang Mendebarkan

Foto: IMDb

Sutradara: Steven Spielberg
Pemeran: Tom Hanks, Edward Burns, Matt Damon
Tahun Rilis: 1998
Tayang: HBO Go

Saving Private Ryan punya kemiripan terkait evakuasi tentara seperti Dunkirk. Bedanya, film ini mengisahkan tentang penyelamatan seorang prajurit yang tidak diketahui keberadaannya di medan perang. Dia adalah James Francis Ryan. Sebelum menghilang, Ryan bersama ketiga saudaranya terjun ke medan tempur.

Nahas, mereka semua diketahui telah tewas. Tak ingin membuat pihak keluarga sedih karena harus kehilangan seluruh anaknya, angkatan darat Amerika membentuk sebuah tim penyelamatan untuk mencari keberadaan Ryan dan memulangkannya dengan selamat. Misi pencarian Ryan akan dipimpin Kapten John H. Miller. Dia bersama bersama timnya menghadapi banyak tantangan dalam misi itu. Bahkan, para anggota kelompoknya pun terancam kehilangan nyawa.

2. Tears of the Sun

9 Perang Film Mirip Dunkirk, Penuh Aksi Seru yang Mendebarkan

Foto: Amazon.com

Sutradara: Antoine Fuqua
Pemeran: Bruce Willis, Monica Bellucci, Cole Hauser
Tahun Rilis: 2003
Tayang: -

Bukan evakuasi tentara seperti yang terjadi di Dunkirk, Tears of the Sun berkisah tentang operasi penyelamatan warga negara asing yang terjebak di sebuah negara Afrika. Kisahnya akan berfokus pada Letnan A.K Waters. Dia merupakan seorang komandan salah satu kesatuan elit militer Amerika Serikat.

Misinya adalah menjemput warga Amerika yang ada di sana, yakni dr. Lena Kendricks. Tapi, misi ini tidaklah mudah. Ketika misi itu dijalankan, negara itu baru saja mengalami kudeta.

3. Hunter Killer

9 Perang Film Mirip Dunkirk, Penuh Aksi Seru yang Mendebarkan

Foto: TNT

Sutradara: Donovan Marsh
Pemeran: Gerard Butler, Gary Oldman, Common
Tahun Rilis: 2018
Tayang: -

Masih seputar misi penyelamatan, kali ini melibatkan target seorang presiden. Di tengah penyelidikan hilangnya kapal selam di perairan Rusia, militer Amerika Serikat mendapat informasi terjadinya penculikan dan kudeta terhadap pemimpin negara Rusia. Meski berstatus rival negaranya, AS ingin mencegah kudeta terjadi. Pada akhirnya, mereka membentuk sebuah tim dan ditugaskan untuk membebaskan Presiden Rusia yang kabarnya disekap di sebuah kapal.

4. Greyhound

9 Perang Film Mirip Dunkirk, Penuh Aksi Seru yang Mendebarkan

Foto: IndieWire

Sutradara: Aaron Schneider
Pemeran: Tom Hanks, Stephen Graham, Rob Morgan
Tahun Rilis: 2020
Tayang: -

Berlatar Perang Dunia II, Kapten Ernest Krause ditugaskan memimpin 37 kapal sekutu melintasi Atlantik Utara. Pada perjalanannya, rombongan tersebut akan melewati perbatasan yang lepas dari perlindungan udara Amerika Serikat. Benar saja, saat melintas mereka disergap kapal selam musuh.

Kondisi diperburuk dengan ganasnya ombak laut. Kapten Krause dan armadanya harus bertahan sebisa mungkin dari pasukan Nazi yang terus berdatangan dan bertambah jumlahnya. Ini adalah satu dari sekian banyak film perang yang dibintangi Tom Hanks.

5. Midway

9 Perang Film Mirip Dunkirk, Penuh Aksi Seru yang Mendebarkan

Foto: Internet Plane Movie Database
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)