PO Putera Mulya Hadirkan Bus Tingkat AKAP Pertama Jakarta-Solo

Selasa, 20 Desember 2016 - 15:57 WIB
PO Putera Mulya Hadirkan Bus Tingkat AKAP Pertama Jakarta-Solo
PO Putera Mulya Hadirkan Bus Tingkat AKAP Pertama Jakarta-Solo
A A A
SOLO - PT Putera Mulya Sejahtera menghadirkan bus tingkat AKAP (antar provinsi) pertama di Indonesia. Bus keluaran produsen Swedia, Scania K4101B Opticruise akan dimiliki PO Putera Mulya jurusan Jakarta-Solo.

Kehadiran bus Double Decker alias bus tingkat antar provinsi sudah lama dinantikan pencinta transportasi darat khususnya Warga Jawa Tengah. Scania K4101B Opticruise merupakan bus merupakan kompetitor telak buat bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 yang sudah lebih dulu mengaspal di pasar Indonesia.

“Masyarakat Wonogiri dari dulu banyak yang merantau sehingga mobilitas masyarakatnya sangat tinggi. Dari mobilitas yang tinggi itulah masyarakat Wonogiri semakin pintar sehingga mereka memerlukan kondisi bus yang nyaman. Hal ini yang menjadi landasan diluncurkannya double decker Putera Mulya Sejahtera yang memberikan kenyamanan di kelas super eksekutif,” ujar Soegiyono, pemilik PO Putera Mulya dalam laman sosial media resmi PT Putera Mulya Sejahtera.

Rencananya PO Putera Mulya akan membagi menjadi dua kelas yakni

Kelas Super Eksekutif 6 seat dek bawah Rp. 325 ribu :
AC, Soliter LCD Passenger on Seat, Electric Seat Adjustable, Leg Rest, Toilet, Coffee Maker, Makan Prasmanan dan Snack.

Kelas Eksekutif 38 Seat dek atas Rp. 225 ribu :
AC, Soliter LCD Passanger on Seat, Reclining Seat, Toilet, Leg Rest, Water Dispenser, Smoking Room,Makan Prasmanan dan Snack.

Sama-sama bermesin disel ramah lingkungan, dibandingkan dengan OC 500 RF 2542, tenaga maksimum yang mampu dihasilkan Scania K410 IB 6×2*4 memang terpaut sedikit lebih kecil, yakni 410 horse power. Sementara OC 500 RF 2542 memiliki tenaga maksimum 420 horse power.

Scania K410IB diposisikan sebagai bus premium untuk melayani kebutuhan pengusaha untuk armada antarkota-antarprovinsi maupun untuk bus pariwisata yang menawarkan kenyamanan maksimum untuk penumpang di kabinnya.

Scania K4101B Opticruise mampu menghasilkan tenaga maksimum 410 HP atau 306 Kw pada 1.900 rpm. Salah satu ciri khas dari mesin bus Scania adalah irit konsumsi bahan bakar. Sistem pembakaran dikendalikan melalui engine management system untuk memberikan proses pembakaran sempurna dengan keluaran tenaga maksimal pada putaran rendah, di 2.000 Nm pada 1.000 sampai 1. 350 rpm. Sementara, standar emisinya sudah memenuhi standar Euro 3 yang ramah lingkungan.

Bus ini dilengkapi fitur keamanan maksimum berupa Electronic Braking System (EBS) dan Anti Lock Brake System (ABS), retarder, bus stop brake dan fitur hill hold yang membuat bus tidak mengalami rollback saat berhenti pada tanjakan.

Untuk fitur kenyamanan, bus ini memiliki kenyamanan dengan memiliki fitur Fast Boarding yang dikendalikan menggunakan Electronic Levelling Control (ELC) karena ketinggian bus dapat diatur untuk mempermudah akses keluar dan masuk penumpang
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0088 seconds (0.1#10.140)