Google Gandeng Honda Kembangkan Mobil Otonom

Senin, 26 Desember 2016 - 22:03 WIB
Google Gandeng Honda Kembangkan Mobil Otonom
Google Gandeng Honda Kembangkan Mobil Otonom
A A A
CALIFORNIA - Usai Apple dikabarkan mendekati McLaren dan Lit Motors di San Francisco Amerika Serikat, Google tak mau ambil diam. Saat ini Google dikabarkan tengah melakukan pembicaraan kerja sama dengan Honda.

Proyek mobil otonom Googel yang kini bernama Waymo bekerjasama dengan Honda yang meliputi penyediaan software otonom dan sensor di mobil Honda oleh Waymo. Sementara perusahaan asal Jepang itu turut menyediakan sejumlah teknisi yang dapat bekerja sama dengan teknisi Waymo untuk melakukan pengembangan dan uji coba.

Seperti dilansir dari Tech Crunch, Senin (26/12/2016), kerja sama ini tak lepas dari upaya Honda untuk membawa sistem kendaraan otonomos pada tahun 2020. Kedua perusahaan dengan masing-masing pendekatan teknologi berbeda ini bakal membawa teknologi kendaraan tanpa sopir secara utuh untuk pasar umum.

Sebelumnya, Waymo pula telah bekerja sama dengan Fiat dengan memperkenalkan mobil otonomos dengan seri 100 Chrysler. Tetapi melalui kerja sama terbaru dengan Honda, Waymo diperkirakan dapat terbantu dengan memperkenalkan platform-nya ke lebih lebih dari satu pengguna. Untuk informasi, Waymo sendiri baru diperkenalkan ke publik pada pertengahan bulan ini.

Perusahaan ini adalah bentuk baru dari proyek mobil otonomos Google yang sebelumnya bernama Google X. Kendati Googel telah cukup lama melakukan pengembangan software untuk mobil otonomos, langkah Waymo dipastikan tidak mudah. Sebab, sejumlah perusahaan teknologi kenamaan lain seperti Apple dan BlackBerry telah melakukan hal serupa. Khusus BlackBerry, perusahaan asal Kanada itu pula telah memastikan untuk berinvestasi pada pengembangan software mobil otonomos dengan nilai mencapai Rp1 triliun.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3980 seconds (0.1#10.140)