alexa snippet

Langkah yang Harus Dilakukan jika Mobil Mengalami Rem Blong

Langkah yang Harus Dilakukan jika Mobil Mengalami Rem Blong
Langkah yang Harus Dilakukan jika Mobil Mengalami Rem Blong
A+ A-
SERING kali kita tidak menyadari rem tidak berfungsi dengan baik ketika sudah mengedarai kendaraan. Jika tidak bisa mengendalikan bukan tidak mungkin siapa pun dapat mengalami kecelakaan.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika mobil Anda mengalami masalah pada rem. Pertama, jangan panik. Secara psikologis situasi ini akan membuat Anda tidak bisa berpikir jernih. Nyalakan lampu hazard dan klaskon, agar orang di sekitar Anda tahu dalam keadaan darurat.

Setelah pikiran sedikit tenang cobalah menginjak rem. Jika rem terasa lembut dan ditekan hingga ke dalam tetap tidak bisa berhenti, cobalah memompa rem secara terus menerus untuk mengembalikan tekanan rem. Jika minyak rem mobil Anda habis atau bagian kaliper mengalami gangguan langkah ini perlu dilakukan agar rem dapat berfungsi kembali.

Kondisi ini bisa terjadi walau mobil Anda telah dilengkapi teknologi anti-lock braking system (ABS).

Jika langkah di atas tidak bisa diatasi, pindahkan gigi secara cepat dari gigi 5, 4, 3, 2, 1. Jangan lakukan perpindahan gigi langsung ke gigi terendah, misal dari gigi 5 ke gigi 2. Hal ini dapat membuat mobil Anda sulit dikendalikan. Kecuali mobil dengan transmisi automatic, pindahkan secara langsung ke gigi terendah.

Kemudian, tarik tuas rem tangan secara perlahan hingga terasa gigitan pada roda kendaraan Anda dan mobil melambat. Selanjutnya, arahkan kendaraan Anda ke jalur lambat atau bahu jalan, untuk mencari tempat berhenti yang aman dari kendaraan lain serta orang-orang yang berada di sekitar kendaraan.



(dmd)
loading gif
Top