Bukan Paus Biru, Ternyata Ini Hewan Terberat di Bumi dengan Bobot Mencapai Ratusan Ton

Kamis, 03 Agustus 2023 - 13:43 WIB
loading...
Bukan Paus Biru, Ternyata Ini Hewan Terberat di Bumi dengan Bobot Mencapai Ratusan Ton
Ilustrasi Perucetus colossus di habitat aslinya dengan perkiraan panjang tubuh 20 meter. (Foto: Alberto Gennari)
A A A
JAKARTA - Rekor Paus Biru sebagai hewan terbesar di bumi dengan panjang lebih dari 25 meter dan bobot 4,5 ton, terpatahkan.

Baru-baru ini ilmuwan menemukan fosil hewan purba di gurun Ica di Peru selatan, dengan ukuran tubuh berkali-kali lipat lebih besar dari paus biru.

"Ini adalah kerangka mamalia terberat yang pernah ditemukan sejauh ini, mungkin vertebrata terberat yang pernah ada," ujar Alberto Collareta, ahli paleontologi di Universitas Pisa.

Dikutip dari Science Focus, Kamis (3/8/2023) hewan yang disebut dengan nama Perucetus colossus ini memiliki panjang tubuh sekitar 20 meter dengan bobot mencapai 85 hingga 340 ton. Makhluk ini diperkirakan hidup di perairan pantai pada 40 juta tahun lalu. Faktanya, Perucetus colossus telah lama punah.



Collareta dan rekannya menggambarkan, tidak seperti kebanyakan paus, Perucetus colossus memiliki tulang yang lebih berat dan kemungkinan besar. Diduga juga spesies raksasa laut tersebut merupakan hewan pemakan bangkai yang berenang lambat.
Di luar ukurannya yang besar, Perucetus colossus juga punya fakta menarik yang mengagetkan para peneliti. Yaitu, memiliki kaki depan untuk berjalan di dasar laut dan kaki belakang yang kecil.

"Jika kita melihat perkiraan paling konservatif dari 85 ton [untuk hewan yang baru ditemukan], kita pasti berada di perkiraan kasar paus biru, yang merupakan hewan terbesar yang diketahui hingga saat ini," kata Eli Amson, spesialis fosil mamalia.



“Mungkin ada beberapa individu paus biru yang jauh lebih besar, tapi mungkin dari spesies baru ini juga ada individu yang jauh lebih besar pula," tuturnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)