alexa snippet

IoT Bisa Menjadi Andalan Polisi di Masa Depan

IoT Bisa Menjadi Andalan Polisi di Masa Depan
Internet of Things (IoT) saat ini tengah menjadi tren tersendiri di tengah kemajuan teknologi. Foto/Istimewa
A+ A-
LONDON - Internet of Things (IoT) saat ini tengah menjadi tren tersendiri di tengah kemajuan teknologi. Pasalanya, IoT memungkinkan berbagai perangkat untuk terhubung ke internet.

Hal ini kedepannya diyakini dapat membantu polisi untuk mendapatkan barang bukti penting dalam penyelidikan. Mesin cuci dan kulkas yang terhubung ke internet mungkin akan digunakan oleh detektif untuk mencari barang bukti di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kepala Unit Forensik Digital, Siber dan Komunikasi di Metropolitan, Mark Stokes mengatakan bahwa para detektif saat ini tengah dilatih untuk menyelidiki gadget yang bisa memberikan "jejak digital", baik dari korban ataupun pelaku.

"Kamera nirkabel pada perangkat seperti kulkas, mungkin akan merekam gerakan dari pemilik atau tersangka. Selain itu, bel rumah yang terhubung langsung ke ponsel pengguna mungkin dapat menunjukkan siapa saja yang menekan bel rumah selama pemilik bepergian. Jadi TKP di masa depan akan berupa Internet of Things," ujar Stokes seperti dilansir dari The Telegraph, Selasa (3/1/2017).

Beberapa perusahaan teknologi sebenarnya telah menggarap perangkatnya dengan dukungan IoT. Salah satunya Samsung yang meluncurkan Samsung Family Hub, sebagai kulkas yang dapat menunjukkan video live isi kulkas. Dengan begitu, pemilik dapat mengetahui apa yang harus mereka beli saat mereka berbelanja.

Hal ini mungkin saja merupakan ide yang baik jika digunakan dengan benar. Namun, langkah tersebut sepertinya tidak akan mudah mengingat perusahaan pembuat perangkat IoT khawatir bila privasi pengguna terganggu.

Contohnya yang terjadi di Amerika Serikat, Amazon pernah menolak untuk memberikan hasil rekaman dari speaker Echo milik James Andrew Bates, yang menjadi tersangka pembunuhan.



(izz)
loading gif
Top