Libur Akhir Tahun, Penggunaan Data XL Melonjak 180%

Rabu, 04 Januari 2017 - 11:44 WIB
Libur Akhir Tahun, Penggunaan Data XL Melonjak 180%
Libur Akhir Tahun, Penggunaan Data XL Melonjak 180%
A A A
JAKARTA - Jaringan PT XL Axiata Tbl (XL) berhasil menopang kenaikan trafik sepanjang libur panjang akhir tahun, termasuk saat malam pergantian tahun. Seperti sudah diprediksi, masyarakat akan memanfaatkan media sosial untuk mengabadikan dan membagi pengalaman berlibur.

Tercatat trafik layanan data XL rata-rata sejak mulai libur panjang 19 Desember 2016-1 Januari 2017 meningkat hingga 180% dibanding periode sama tahun sebelumnya, yaitu mencapai lebih dari 2.500 TB per hari di malam pergantian tahun ini.

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya mengatakan, semua jenis layanan mengalami kenaikan trafik, terutama akses ke layanan data dan SMS. Puncaknya di malam pergantian tahun di mana trafik data meningkat mencapai 15% dan SMS meningkat 35% dibanding hari biasa.

"Bagi kami, berapapun kenaikan trafik, yang paling penting, kualitas layanan mampu kami jaga sehingga masyarakat mendapatkan manfaat maksimal selama mengisi liburannya," ujar dia dalam rilisnya, Jakarta, Rabu (4/1/2017).

Menurutnya, sejak awal tahun kapasitas jaringan XL telah ditingkatkan hingga tiga kali lipat khususnya untuk menampung lonjakan trafik di periode tertentu. Selain itu, XL juga menerapkan teknologi jaringan termutakhir yang mampu secara singkat dan fleksibel menambah atau mengurangi kapasitas di suatu lokasi.

Teknologi tersebut terbukti mampu mendukung upaya XL menjaga kualitas jaringan di saat terjadi lonjakan trafik setiap kali tiba masa liburan panjang dan hari besar.

Peningkatan penggunaan layanan data sepanjang libur panjang akhir tahun, antara lain ditunjukkan dengan meningkatnya akses pada beberapa layanan media sosial terpopuler. Akses ke media sosial rata-rata meningkat 60%, dan untuk akses ke layanan video naik sekitar 21%.

Sementara secara lokasi, kenaikan trafik layanan terjadi terutama di wilayah tujuan wisata, terutama di Pulau Jawa, di hampir semua provinsi. Kota-kota yang terlihat menjadi tempat kenaikan trafik antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya. Di luar Jawa terjadi di beberapa destinasi wisata populer seperti Bali, Makassar, dan Medan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8992 seconds (0.1#10.140)