alexa snippet

Tips Berkendara Kampas Kopling Tetap Awet

Tips Berkendara Kampas Kopling Tetap Awet
Tips Berkendara Kampas Kopling Tetap Awet
A+ A-
SALAH satu bagian kendaraan transmisi manual yang paling sering mengalami perbaikan atau pergantian suku cadang adalah kampas kopling. Bagaimana kita menjaga dan memperlakukannya?

Perlu diketahui, keawetan kampas kopling tergantung pada cara pengendara mengemudikan kendaraan. Untuk itu, kemudikanlah kendaraan Anda dengan baik dan benar.

Di mana salah satu tantangan yang kerap ditemui saat mengemudi adalah kondisi jalanan menanjak. Apalagi jalan macet atau kendaraan di depan berhenti lama.

Dalam situasi tersebut hampir dipastikan para pengemudi berusaha menahan kendaraan agar tidak mati atau mundur, yaitu dengan menginjak pedal setengah kopling.

Namun, sebaiknya jangan lama-lama menginjak kopling. Apalagi dibarengi dengan menginjak gas. Langkah inilah yang membuat kampas kopling cepat aus dan berumur pendek. Pilihannya lepas atau tidak. Tentu hal ini menjadi tantangan bagi pengemudi pemula.

Guna menghindari kondisi tersebut, jagalah jarak kendaraan Anda dengan mobil di depan. Langkah ini dilakukan agar pengemudi memiliki waktu untuk bernapas, dan tidak sering menginjak kopling.

Tapi, bila kendaraan di depan ternyata berhenti lama sebaiknya tahan menggunakan rem tangan dan melepas kopling. Melalui langkah ini diharapkan kampas kopling kendaraan Anda dapat terjaga dan lebih awet.



(dmd)
loading gif
Top