7 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja, Salah Satunya Kuliah di Universitas Terbuka. Kok Bisa?

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 15:15 WIB
loading...
7 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja, Salah Satunya Kuliah di Universitas Terbuka. Kok Bisa?
Kuliah sambil kerja di Universitas Terbuka (UT) menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin memperoleh gelar sarjana sambil tetap menjalani aktifitas bekerja. (Foto: Freepik).
A A A
JAKARTA - Kuliah sambil kerja kini tidak lagi terasa sulit dan melelahkan lho. Ya, apalagi bila Anda memilih kuliah di Universitas Terbuka (UT), dan menerapkan 7 tips sukses kuliah sambil kerja. Anda dijamin bisa tetap fokus dan produktif saat kuliah sambil kerja.

Dengan menempuh pendidikan di perguruan tinggi, seperti di UT, maka Anda bisa meningkatkan kualifikasi dan kompetensi diri, serta menunjang karier pekerjaan. UT bisa menjadi solusi jitu bagi Anda yang ingin tetap kuliah sambil kerja dengan nyaman.

UT menawarkan solusi kuliah fleksibel dan lulusan berkualitas, tanpa harus meninggalkan pekerjaan. Kuliah sambil kerja bisa menjadi pilihan yang tepat, bagi Anda yang ingin memperoleh gelar sarjana, magister, atau doktor sambil tetap bekerja.

Kuliah sambil kerja memang memiliki tantangan tersendiri. Tetapi bukan berarti kuliah sambil kerja mustahil untuk dilakukan ya. Nah, dengan kuliah di UT, yang sudah dikenal sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki fleksibilitas kuliah, Anda bisa tetap kuliah sambil kerja.

Berikut 7 tips sukses kuliah sambil kerja, salah satunya kuliah di Universitas Terbuka. Yuk, langsung saja disimak:

1. Fokus dan Berkomitmen
Ketika memutuskan untuk kuliah sambil kerja, Anda harus fokus dan berkomitmen kepada diri sendiri. Dengan demikian Anda memiliki pemikiran bahwa kuliah sambil kerja bukan hal yang mudah, tapi tetap bisa berjalan dengan baik. Pahami pula kondisi perkuliahan dan dunia pekerjaan. Hal itu berguna agar Anda tidak mencampur adukan keduanya.

Misalnya, ketika sedang kuliah, maka hindari berpikir tentang pekerjaan. Begitupun sebaliknya, ketika bekerja hindari pikiran tentang kuliah. Jika hal ini dilakukan, maka pikiran Anda akan fokus dan tetap komitmen menjalani kuliah sambil kerja. Alhasil, Anda tidak mudah merasa lelah dan jenuh.

2. Menunda Kesenangan Sesaat
Ketika kuliah sambil kerja, maka Anda harus berani berkorban untuk menunda kesenangan sesaat. Misalnya, waktu untuk berinteraksi di media sosial, jalan-jalan di mal, bermain bersama teman, hang out, dan lainnya.

Perlu diingat, mengorbankan beberapa kesenangan sesaat, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya ketika libur kerja atau kuliah ya. Perlu diingat, kunci penting dari kuliah sambil kerja adalah manajemen waktu. Tentukan kapan Anda harus belajar untuk kuliah, dan bekerja untuk produktivitas sebagai karyawan.

3. Mengatur Jadwal Harian
Agar Anda bisa tetap kuliah sambil kerja tanpa kendala, mulailah mengatur waktu Anda sejak saat ini. Biar lebih mudah, buatlah jadwal kuliah Anda setiap hari. Begitupun dengan jadwal pekerjaan, susunlah jadwal yang telah disesuaikan dengan jadwal kuliah Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)