alexa snippet

Jepang Minta Toyota Jangan Takut dengan AS

Jepang Minta Toyota Jangan Takut dengan AS
Toyota Motor Corporation. FOTO/ Autoblog
A+ A-
TOKYO - Pemerintah Jepang langsung bereaksi cepat  memberikan komentar terkait penyataan presiden Amerika Serikat (AS) baru, Donald Trump, yang mengancam akan memberikan pajak tinggi terhadap Toyota yang impor dari Meksiko.

Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga (68) membela Toyota Motor Corporation yang mendapat tekanan dari  Trump jika tetap melakukan import ke Meksiko.

""Toyota telah berusaha menjadi perusahaan yang baik untuk AS, Toyota sendiri, saya rasa baik dan memberikan manfaat besar bagi warga Amerika Serikat," kata Yoshihide seperti dilansir dari Autopro.

Pabrikan terbesar di dunia itu memang tidak menjawab komentar Trump secara langsung. Toyota hanya menunjukkan seberapa besar kontribusi mereka terhadap perekonomian AS.

"Industri otomotif Jepang, termasuk seperti bagian dari penjualan, telah mempekerjakan 1,5 juta orang, memberikan kontribusi besar bagi perekonomian AS serta menjadikan signifikan sebagai basis produksi. Saya rasa tak ada rencana untuk mentransfer ke luar AS," kata Hiroshige Seko, Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri dalam pertemuan kabinet setelah konferensi pers tersebut.

Sementara itu Presiden dan CEO Toyota Motor Corporation, Akio Toyota menyatakan akan melihat dulu situasi kondisi setelah Trump dilantik menjadi Presiden AS nanti.

Setelah itu menentukan kembali apakah rencana perluasan pabrik di Meksiko akan dilanjutkan atau tidak.

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa jika Toyota membuat pabrik di Meksiko untuk kemudian mengekspor hasilnya ke AS, maka ia akan menerapkan 'pajak perbatasan yang tinggi'. Ini adalah pernyataan kontroversial pertama yang ditujukan pada pabrikan non-AS. Sebelumnya telah ada Ford dan GM yang kena semprot.

"Dengan lebih dari USD 21,8 miliar investasi langsung di AS, 10 fasilitas manufaktur, 1.500 dealer, dan 136 ribu pekerja, Toyota berharap dapat bekerja sama dengan pemerintahan Trump untuk melayani kepentingan terbaik," ujar Suga.

Sementara Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Hiroshi Seko, mengatakan bahwa Toyota telah memberikan kontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja.

"Pabrikan Jepang membuat kontribusi yang signifikan di AS. Adalah penting bahwa upaya dan hasil mereka untuk diterima secara luas," tutup Seko.



(wbs)
loading gif
Top