Gandeng Perusahaan Automotif, Baidu Kembangkan Mobil Otonom Level 3

Senin, 09 Januari 2017 - 10:33 WIB
Gandeng Perusahaan Automotif, Baidu Kembangkan Mobil Otonom Level 3
Gandeng Perusahaan Automotif, Baidu Kembangkan Mobil Otonom Level 3
A A A
LAS VEGAS - Baidu semakin mantap menggarap proyek mobil otonom besutannya. Hal ini dipertegas dengan pengumuman kerjasama antara Baidu dengan perusahaan automotif Tiongkok, BAIC Motor.

Dalam kerjasama tersebut, keduanya sepakat untuk mengembangkan mobil otonom dengan sistem kendali level 3. Pada sistem kendali level 3, dimana nantinya peranan pengemudi akan semakin kecil. Disini pengawasan yang dilakukan oleh pengemudi bukan lagi merupakan komponen utama saat berkendara mobil.

Sebenarnya belum banyak perusahaan yang mengembangkan mobil otonom pada tingkat ini. Pasalnya kemampuan ini tidak lagi membuat pengemudi bersifat aktif untuk mengawasi keadaan sekitar.

Selain itu, seperti dikutip dari Tech Crunch, Senin (9/1/2017), keduanya juga sepakat untuk peta high- definition untuk memperluas daya jelajah mobil. Bahkan kedua perusahaan juga bersama-sama meluncurkan sebuah laboratorium penelitian baru sebagai bagian dari perjanjian pengembangan mobil otonom.

Baidu sendiri sebenarnya telah melakukan uji coba mobil di jalanan Tiongkok dengan melibatkan penumpang didalamnya. Mobil otonomos ini sudah dibekali dengan milimeter wave radar, Velodyne LiDAR, dan beberapa kamera video.

Saat diuji, mobil mampu melaju secara otomatis, berpindah jalur, melewat mobil yang lebih lambat, bahkan memutar balik. Sedangkan kecepatan maksimum mobil ini mampu mencapai 59 km/jam.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8258 seconds (0.1#10.140)