alexa snippet

Cara Mudah Merawat Wiper Kaca Mobil Tanpa Perlu ke Bengkel

Cara Mudah Merawat Wiper Kaca Mobil Tanpa Perlu ke Bengkel
Merawat wiper kaca kendaraan sejatinya dapat dilakukan sendiri kapanpun dan di manapun, tanpa perlu membawanya ke bengkel. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
MEMASUKI musim hujan ada baiknya Anda mengecek atau memeriksa wiper kendaraan secara rutin. Karena wiper sangat membantu saat berkendara di musim hujan.

Jarak pandang yang pendek ketika hujan dan wiper yang tidak berfungsi dengan baik bisa mengganggu konsentrasi pengemudi akibat kaca buram. Hal ini berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Merawat wiper sejatinya dapat dilakukan sendiri kapanpun dan di manapun, tanpa perlu membawanya ke bengkel. Waktu yang dibutuhkan juga tidak lama. Berikut cara mudah merawat wiper kendaraan:

Pertama, saat membersihkan jangan pernah mengelap bagian pinggir karet wiper. Sebab pada bagian ini ada bahan kimia yang berfungsi menjaga kelanturan atau elastisitas karet wiper. Cukup lap pada bagian ujung karetnya saja.

.
Kedua, bila Anda memarkir kendaraan di tempat terbuka dalam waktu lama, sebaiknya angkat gagang wiper dalam posisi berdiri. Hal ini untuk menjaga karet wiper yang menempel pada kaca tidak kaku dan retak akibat panas matahari.

Ketiga, periksalah poros engkol wiper. Jika kurang lancar atau berbunyi berilah cairan pelumas agar gerak engkol wiper kembali normal.

.
Keempat, biasanya banyak produk cairan pembersih atau air wiper after sales. Zat kimia pada cairan ini dapat mengendap dan menghambat laju air wiper. Sebaiknya gunakan produk yang telah direkomendasikan produsen kendaraan atau cukup gunakan air bersih/mineral dengan campuran sampo. Selain gampang juga ramah di kantong.

Kelima, pastikan arah semprotan air wiper jatuh pada tempat yang tersapu karet wiper. Jika pancaran air ke mana-mana atau tidak keluar, Anda bisa menggunakan jarum untuk membersihkan lubang air wiper.

.
Terakhir, periksalah kembali karet wiper kendaraan Anda dengan teliti. Jika kondisinya sudah keras atau retak/sobek sebaiknya segera ganti. Wiper yang rusak selain tidak bisa menyapu air hujan dengan sempurna juga dapat menyebabkan kaca kendaraan Anda tergores.

Demikian cara mudah merawat wiper kendaraan, semoga bermanfaat.



(dmd)
loading gif
Top