Ini Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Pencegahannya

Selasa, 08 Agustus 2023 - 04:30 WIB
loading...
Ini Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Pencegahannya
Gagal ginjal disebabkan oleh kerusakan fungsi ginjal yang merupakan akibat dari berbagai hal. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ginjal merupakan organ di tubuh yang memiliki peran penting untuk menyaring racun-racun dari darah, kemudian mengeluarkannya melalui urine. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, seseorang bisa dikatakan mengalami gagal ginjal.

Dilansir dari situs Cleveland Clinic, Selasa (8/8/2023), gagal ginjal disebabkan oleh kerusakan fungsi ginjal yang merupakan akibat dari berbagai hal seperti gaya hidup yang kurang sehat, diabetes, maupun gangguan kesehatan lain.



Gagal ginjal bisa menyerang siapa saja, namun ada beberapa orang yang berisiko tinggi terkena gagal ginjal. Seperti mereka yang mengidap diabetes, hipertensi, penyakit jantung, genetik keluarga, hingga usia di atas 60 tahun.

Adapun beberapa faktor umum yang menyebabkan gagal ginjal yakni penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Penyakit tersebut adalah penyebab paling umum dari penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal.

Diabetes yang tidak dikelola dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi (hiperglikemia). Gula darah yang tinggi secara konsisten dapat merusak ginjal Anda serta organ lain.



Tekanan darah tinggi berarti darah mengalir dengan kuat melalui pembuluh darah tubuh Anda. Seiring waktu dan tanpa perawatan, kekuatan ekstra dapat merusak jaringan ginjal Anda.

Nah, penyebab gagal ginjal akut sendiri antara lain penyakit ginjal autoimun, obat-obatan tertentu, dehidrasi parah, obstruksi saluran kemih, serta penyakit sistemik yang tidak diobati seperti jantung atau penyakit hati.

Namun tak perlu khawatir, penyakit gagal ginjal bisa dicegah kok. Caranya dengan menghindari merokok, hindari makanan tinggi protein dan sodium, konsumsi air putih 2-3 liter sehari, serta cek gula darah dan hipertensi secara rutin.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3436 seconds (0.1#10.140)