10 Negara di Dunia yang Gunakan Bendera Warna Merah dan Putih

Senin, 14 Agustus 2023 - 14:18 WIB
loading...
10 Negara di Dunia yang Gunakan Bendera Warna Merah dan Putih
Selain Indonesia, ada 9 negara lain yang menggunakan bendera warna merah dan putih. Foto/SINDOnews.com
A A A
JAKARTA - Ada banyak negara di dunia yang menggunakan bendera warna merah dan putih. Beberapa di antaranya bahkan terlihat sangat mirip dan kerap membuat orang sulit membedakannya.

Bendera nasional setiap negara memiliki lambang atau warna yang mengandung makna tertentu, yang biasanya sangat berperan dalam sejarah negara terkait.

Kombinasi warna menjadi salah satu aspek umum yang banyak digunakan negara untuk menentukan benderanya. Dari sekian banyak, varian yang cukup sering dijumpai adalah perpaduan warna merah dan putih.



Negara yang Menggunakan Bendera Warna Merah Putih

1. Indonesia


Bagi bangsa Indonesia, bendera merah dan putih menyimpan nilai historis yang tinggi. Warna dari bendera ini melambangkan semangat perjuangan ketika berusaha lepas dari belenggu penjajahan.

Adapun bendera merah putih ini memiliki artinya masing-masing. Warna merah melambangkan keberanian, sementara putih berarti kesucian. Pada 17 Agustus 1945, Sang Saka Merah Putih berkibar pada peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

2. Monako


Monako memiliki bendera yang sangat mirip dengan Indonesia, yakni warna merah dan putih. Tak hanya segi warna, bentuk dan desainnya pun tampak mirip.

Namun, terdapat sebuah perbedaan antara bendera Indonesia dan Monako ini, yakni pada ukuran rasionya. Di satu sisi, bendera Indonesia memiliki rasio 2:3, sedangkan Monako adalah 4:5.

3. Polandia


Berikutnya ada Polandia. Bendera negara Eropa ini juga hanya memiliki dua warna utuh, yakni merah dan putih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)