Konstruksi Markas Besar Apple Diperlihatkan

Rabu, 08 Februari 2017 - 13:55 WIB
Konstruksi Markas Besar Apple Diperlihatkan
Konstruksi Markas Besar Apple Diperlihatkan
A A A
NEW YORK - Kontruksi markas besar Apple terungkap dari gambar yang diambil dengan pesawat tak berawak (drone). Dari sana terlihat, bangunan yang secara desain mirip Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta atau desain pesawat UFO..

Seperti dilansir dari Mirror, Rabu (8/2/2017), bangunan yang disinyalir akan dinamakan Apple Campus 2, tersebut memperlihatkan bangunan ini hampir selesai dan segera dibuka pada musim semi tahun ini. Sebetulnya, proyek ini bukan informasi baru.

Mendiang Steve Jobs meluncurkan proyek pada 2011 silam. Rencananya, markas ini akan selesai pada 2015. Sayang, prosesnya terhambat karena persetujuan yang panjang sehingga pelaksanaan konstruksi tertunda.

Gedung kantor itu belum sepenuhnya berdiri layaknya bangunan melingkar, sebuah video memperlihatkan update pembangunan Apple Campus 2 per April 2016.

Nilai bangunan tersebut diperkirakan mencapai USD 5 triliun yang jika dikonversi ke mata uang Indonesia sekitar Rp65.775 triliun.

Kini, bentuk bangunan dengan luas 712.247 meter persegi tersebut mulai tampak mengesankan. Bahkan pihak Apple menargetkan pembangunan Apple Campus 2 selesai pada akhir 2016 atau setidaknya awal 2017, bangunan ini diklaim mampu menampung 12 ribu karyawan.

Sebuah sumber yang Reuters melihat Apple berencana membangun semua produknya yang memiliki keindahan baik di dalam hingga keluar. Para tenaga ahli, desainer dan pihak-pihak terkait berusaha keras memastikan semua hal terkait dengan bangunan seperti kabel dan pipa menjadi sebuah bentuk sempurna.

Penampakan konstruksi markas Apple itu diperlihatkan melalui sebuah video yang direkam dengan pesawat tanpa awak (drone). Video tersebut memperlihatkan bahwa kaca dan panel surya telah diletakkan pada tempatnya masing-masing.

Tampak bagaimana kemajuan pembangunan fasilitas riset dan pengembangan, atap gedung utama, pemasangan kaca lengkung terbesar di dunia, hingga sejumlah alat berat crane yang berada di sekeliling lokasi konstruksi.

Video itu juga memperlihatkan perkembangan pembangunan fasilitas kebugaran dengan luas 9.290 meter persegi. Selain itu juga progress pembangunan dua buah lokasi parkir yang dapat memuat 11.000 mobil di markas perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu.

Gedung ini pun akan menghadirkan fasilitas berkelas layaknya sebuah hotel, mulai dari pusat kebugaran, restoran, kolam renang, fasilitas riset dan perkembangan, serta trek jogging yang berlokasi di area outdoor.

Apple Campus 2 dirancang oleh seorang arsitek asal Inggris, Norman Foster, yang pada saat itu mendesain gedung ini bersama Steve Jobs.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2591 seconds (0.1#10.140)