Apple Tunjuk Wistron Bikin iPhone di India

Rabu, 08 Februari 2017 - 20:02 WIB
Apple Tunjuk Wistron Bikin iPhone di India
Apple Tunjuk Wistron Bikin iPhone di India
A A A
NEW DELHI - Apple siap memulai produksi iPhone di India pada April 2017. Bersama Foxconn, mitra manufaktur terbesar Apple, menunjuk manufaktur asal Tiawan, Wistron Corp, untuk merakit iPhone di India.

Kepastian produksi iPhone di India disampaikan langsung oleh pejabat setempat. “iPhone akan dibuat di Bangalore dan semua perangkat akan ditargetkan untuk pasar domestik,” kata Menteri Teknologi Info negara bagian Karnataka, India, Priyank Kharge, sepeti dilansir Bloomberg,

Wistron sebagai salah satu supplier utama iPhone juga akan membangun pabrik perakitan di Peenya, kawasan industri yang terletak di wilayah Bengaluru.

Tak hanya itu, bukti bahwa Apple membangun fasilitas perakitan iPhone bocor dari salah satu bocoran berita lowongan kerja untuk dua posisi, yakni iPhone Operations Program Manager (OPM) dan New Product Introduction (NPI) Product Quality Manager.

Sebelum Apple memutuskan untuk membangun pabrik perakitan iPhone di Tanah Hindustan, harga iPhone masih terhitung cukup tinggi karena terbentur pajak impor sebesar 12,5%.

Dengan dibangunnya pabrik perakitan di India, Apple berharap iPhone yang diproduksi di sana dapat dijual dengan harga yang masuk akal dan terjangkau. Pada Mei 2016 lalu, penjajakan antara Foxconn & pemerintah India telah mencapai titik temu.

Keduanya bakal segera menandatangani kesepakatan. Jadi, serangkaian produk Apple termasuk iPhone, nantinya akan memiliki label “Made in India” atau “Dibuat di India”.

Adapun Foxconn dilaporkan telah melakukan pencarian lahan dan sudah ada beberapa tempat yang akan segera dipilih. Untuk itu, company diprediksi menggelontorkan uang sebanyak USD10 miliar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3568 seconds (0.1#10.140)