Lakukan Kegiatan Sosial, 100 Relawan Bakti BUMN Terjung Langsung di 10 Lokasi

Kamis, 17 Agustus 2023 - 13:35 WIB
loading...
Lakukan Kegiatan Sosial, 100 Relawan Bakti BUMN Terjung Langsung di 10 Lokasi
Kementerian BUMN terus gelar program Bakti BUMN. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN mengadakan program Relawan Bakti BUMN Batch IV untuk meningkatkan jiwa kerelawanan bagi para karyawan BUMN. Program ini serentak dilaksanakan pada 15-17 Agustus 2023 di 10 titik lokasi, yaitu Meunasah-Aceh, Pandeglang-Banten, Sukabumi-Jawa Barat, Sragen-Jawa Tengah, Kulonprogo-DIY, Malang-Jawa Timur, Penglipuran-Bali, Lombok-NTB, Namlea-Maluku dan Jayapura-Papua dengan melibatkan 100 relawan yg merupakan karyawan dari 54 BUMN.



Lokasi yang menjadi target pelaksanaan program ini telah terlebih dahulu disurvei yang selanjutnya dilakukan social mapping dan analisis atas isu-isu utama yang menjadi perhatian di masyarakat yang diselaraskan dengan fokus prioritas program tanggung jawab sosial dan lingkungan BUMN yang ditetapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, yaitu pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK.

Berbagai kegiatan sosial dilaksanakan oleh para relawan Bakti BUMN dalam berbagai bidang di antaranya pendidikan, yaitu perbaikan sekolah dan mengajar kepada anak SD hingga SMA/SMK. Di bidang lingkungan berupa penanaman berbagai jenis pohon dan sosialisasi pentingnya kebersihan lingkungan ataupun pengolahan sampah yang baik, serta bidang pengembangan UMK berupa perbaikan kapal nelayan hingga pelatihan kepada para UMK di masing-masing lokasi kerelawanan.

Puncak acara berupa pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI di masing-masing lokasi. Selama kegiatan di 10 lokasi tersebut, seluruh relawan tinggal dan menyatu di rumah warga setempat.

Cara itu dilakukan dengan tujuan agar para relawan dapat berinteraksi dan bersosialisasi bersama masyarakat sekitar, sehingga dapat berdiskusi langsung dengan masyarakat terkait isu sosial yang relevan dan memberikan masukan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Kementerian BUMN mendorong para pegawai BUMN untuk selalu mengimplementasikan AKHLAK, tidak hanya di lingkungan kantor, namun juga di lingkungan masyarakat di mana pun mereka berada, sehingga Bakti BUMN dapat secara nyata dirasakan oleh masyarakat, tidak hanya melalui BUMN sebagai sebuah korporasi, namun juga dalam kontribusi langsung para insan BUMN kepada masyarakat," Erick Thohir dalam keterangannya, Kamis (17/8/2023).

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata juga menambahkan, "Kegiatan Bakti BUMN juga dapat memberikan dampak baik kepada perusahaan berupa peningkatan engagement karyawan sekaligus bentuk employer branding bagi perusahaan."

Para Relawan diharapkan agar terus membawa semangat kontribusi untuk masyarakat baik saat pelaksanaan program hingga nanti kembali ke perusahaan masing-masing, dan terus menularkan semangat tersebut ke rekan-rekan insan BUMN yang lain.



Partisipasi insan BUMN yang mendaftar program ini sebanyak 8.096 orang. Berdasarkan hasil seleksi yang ketat, didapatkan 100 orang relawan yang memiliki motivasi yang kuat untuk berkontribusi dan berbakti bagi masyarakat. Selain 100 orang relawan, ada 10 orang direksi milenial dari BUMN yang juga terlibat dan berkontribusi dalam program tersebut.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)