5 Senjata Era Uni Soviet Paling Mengerikan, 2 di Antaranya Membuat Pasukan Nazi Kewalahan

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 10:06 WIB
loading...
5 Senjata Era Uni Soviet Paling Mengerikan, 2 di Antaranya Membuat Pasukan Nazi Kewalahan
Tank T-34 menjadi senjata era Uni Soviet yang paling mengerikan. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Ada banyak senjata era Uni Soviet yang memiliki riwayat menakutkan bagi para musuh-musuhnya. Beberapa di antaranya bahkan pernah membuat pasukan Nazi Jerman kewalahan di Perang Dunia II.

Saat ini, negara bernama Uni Soviet memang telah runtuh. Namun, sejarah mencatat bahwa mereka pernah menjadi salah satu kekuatan besar yang ditakuti dan disegani lawan-lawannya.

Melihat ke belakang, Uni Soviet cukup sering terlibat perang dan intervensi militer dengan negara lain. Menjadi salah satu kekuatan militer yang menakutkan, negara ini juga terbilang cukup maju dalam pengembangan berbagai senjata canggih dan mengerikan.

Beberapa di antaranya bahkan masih terus dikembangkan atau digunakan sampai era sekarang. Berikut lima senjata era Uni Soviet paling mengerikan yang menarik diketahui.

Senjata era Uni Soviet Paling Mengerikan

1. Tank T-34

T-34 buatan Uni Soviet menjadi salah satu tank terbaik selama Perang Dunia II. Dalam riwayatnya, tank ini pernah bertarung sengit dan membuat pasukan Nazi Jerman kewalahan.

Mengutip laman National Interest, T-34 dibekali meriam 76,2 milimeter yang memiliki daya tembak luar biasa. Selain itu, tank ini juga dilengkapi lapis baja setebal dua inci sebagai perlindungan awak di dalamnya.

Meski memiliki kelemahan seperti minimnya kapasitas awak di dalamnya, T-34 telah dikenali sebagai andalan pasukan lapis baja Soviet di medan tempur. Pertama kali diproduksi pada 1940, tank ini terus diproduksi dan diekspor ke negara lain pasca rampungnya Perang Dunia II.


2. Katyusha

Katyusha adalah peluncur roket legendaris yang pernah dimiliki Uni Soviet. Sistem roket ini telah terjun sejak awal invasi Jerman ke Soviet dan masih bertahan sampai serangan terakhir Tentara Merah di Berlin.

Mengutip Business Insider, Katyusha bukanlah sekadar senjata Perang Dunia II. Dia telah menjadi ikon yang membangkitkan pengembangan sistem artileri roket di masa-masa berikutnya.

Memiliki nama BM-13 Katyusha, versi awal sistem roket ini memiliki jarak jangkauan hingga 5 mil. Sementara itu, hulu ledaknya sendiri adalah seberat 11 pon.

Bagi tentara Jerman kala itu, suara Katyusha terdengar sangat menakutkan. Sistem persenjataan ini telah melewati jalan berdarah dari Moskow menuju kemenangan terakhir di Berlin.

3. Mig-15

Mig-15 buatan Uni Soviet menjadi salah musuh kuat bagi angkatan udara Barat. Pengerjaan pesawat tempur ini dimulai pada 1946, sementara uji terbang pertamanya sudah dilakukan akhir tahun 1948.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)